30 Desa Di Kabupaten Buru Siap Gelar Pilkades Gelombang Pertama

30 Desa Di Kabupaten Buru Siap Gelar Pilkades Gelombang Pertama

Share artikel ini

Namlea,Kab.Buru (Maluku) DetikNews86.Com – Rapat Kordinasi terkait pelaksanaan pilkades serentak gelombang pertama dilaksanakan di ruang rapat Kantor Bupati Buru.Kamis (24/02/22)

Rapat yang dipimpin oleh Asisten I Pemda Kabupaten Buru Ir.Masri Bugis,yang juga dihadiri oleh Kadis BPMD,Kadis Kesehatan,Kasat Pol PP Kabupaten Buru,dari unsur Kepolisian dan TNI di antaranya Kabag Ops Polres.P.Buru,Pasi Ops Kodim 1506/Namlea,Kasat Intelkam Polres Buru,serta jajaran pejabat eslon dilingkup Pemda Kabupaten Buru.

Asisten I Masri mengatakan bahwa,intinya pelaksanaan pilkades serentak gelombang pertama di Kabupaten Buru tahun 2022 akan tetap dilaksanakan.

Selanjutnya Masri menekankan agar,dalam pilkades nanti,supaya tetap memperhatikan prokes kesehatan,juga masukan yang terkait dari berbagai elemen masyarakat.

“Pentingnya sosialisasi sebelum menghadapi pilkades,PMD harus menyiapkan aturan terkait pilkades sehingga masalah yang timbul bisa diatasi,”Ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) menuturkan dalam tanggapannya terhadap apa yang disampaikan oleh Asisten I bahwa,Pilkades tahap pertama akan dilaksanakan nanti di 30 Desa terlebih dahulu.Kata Efendy.

Ditambahkan olehnya, pengamanan akan ditingkatkan,mengingat potensi kerawanan yang mungkin akan timbul saat pilkades berlangsung nanti.

“Kita juga akan gunakan metode pencegahan Covid-19,karenanya kita terus berkordinasi dengan pihak TNI/Polres serta Satpol PP dan Linmas untuk pengamanan jalannya pilkades serentak di 30 desa nanti,”Tegasnya

Pihak Kodim 1506/Namlea berharap,untuk tingkatkan deteksi dini dua hari sebelum pencoblosan.Kemudian anggota yang melakukan pam sudah harus ada dilokasi Tps.

Ada sekitar 70% dari desa-desa yang ikut dalam pilkades belum di vaksin.Tingkat kerawanan di setiap desa akan berbeda maka diharapkan ada keterlibatan pers yang pam dalam Pilkades.Demikian disampaikan oleh Kabag Ops Polres.P.Buru.

(Bung Forbes)