Lestarikan Adat Budaya, Masyarakat Dua Desa Peringati Unjungan di TPU Kertawinangun

oleh
oleh
Share artikel ini

Lestarikan Adat Budaya, Masyarakat

Indramayu, Jabar | detiknews86.com – Lestarikan Adat dan budaya dua Desa gelar acara unjungan di TPU Kertawinangun Kecamatan Kandanghaur kabupaten Indramayu.

Acara unjungan ini sudah menjadi tradisi tahunan kedua desa tersebut, antara Desa Eretan Wetan dan Desa Kertawinangun.

Menurut kepala desa Kertawinangun Nuryasa atau akrab disapa Oyes, kegiatan unjungan adalah sebuah bentuk melestarikan adat budaya nenek moyang dahulu. Selain itu untuk mempererat tali silaturahmi.

Kegiatan unjungan ini, untuk mempererat tali silaturahmi, sekaligus kirim doa ke leluhur yang sudah meninggalkan kita semua.” Ucapnya.

Ketua Panitia Penyelenggara Unjungan, Zenal Mustofa, mengatakan “Tradisi tersebut dilakukan setiap tahun diisi dengan doa bersama dan pementasan pagelaran Sandiwara Lingga Buana dari Losarang, Sekaligus ntuk meriahkan unjungan tersebut.” Paparnya.

Dalam ritual sakral tersebut ribuan warga dari dua desa tersebut berbondong bondong untuk mendoakan arwah leluhur mereka.

Habis berdoa masyarakat makan bersama. Untuk konsumsi nasi dan lauk pauk yang dikumpulkan sebelumnya lalu dijadikan tumpengan, Setelah itu, dilanjut dengan hiburan kesenian,” Katanya.

Baca juga:

Mata CCTV Sorot Nama Pelaku Pencurian Angkong.

Haji Uma Ingatkan Pemerintah Aceh dan DPRA Segera Lakukan Pembahasan RAPBA 2024

Kapolres Banyuasin Pimpin Pembinaan Rohani dan Mental Demi Mewujudkan Anggota Polri yang Lebih Humanis

Tradisi Unjungan selalu dinanti masyarakat setiap tahunnya. Kegiatan ini juga membuktikan bahwa kekompakan serta gotong royong antar warga selalu terjaga.

Berharap adat unjungan ini terus dikembangkan sehingga kekompakan warga terus terjalin.”pungkasnya.

Yogie