Kalapas Banyuwangi Ingatkan Warga Binaan Perbanyak Amal Kebaikan dalam Bulan Suci Ramadan

oleh
oleh
Share artikel ini

Banyuwangi, detiknews86.com Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Banyuwangi, Agus Wahono memberikan pesan khusus kepada Warga Binaan untuk memperbanyak ibadah dan amal kebaikan dalam bulan suci Ramadan.

Pesan itu disampaikan Kalapas saat hadir dalam pelaksaan sholat tarawih di Masjid At-Taqwa Lapas Banyuwangi, Selasa (13/3).

“Jadikan momentum bulan penuh berkah ini untuk memperbanyak amal ibadah dan memohon ampunan kepada Allah SWT,” pesannya.

Dihadapan Warga Binaan, Agus juga mengingatkan untuk saling menjaga kerukunan satu sama lain dan saling membantu dalam hal kebaikan.

“Jalani pidana dengan sabar dan ikhlas, serta ikuti kegiatan pembinaan dengan sebaik-baiknya agar ketika bebas nanti dalam menjadi orang yang lebih baik lagi,” ujarnya.

Agus menyebut selama bulan suci Ramadan, Lapas Banyuwangi memfasilitasi agar Warga Binaan dapat melaksanakan ibadah sholat tarawih dan tadarus. Namun dalam pelaksanaannya, Warga Binaan yang mengikuti ibadah sholat tarawih dijadwal bergantian setiap harinya.

“Hal ini dilakukan atas dasar pertimbangan keamanan, sehingga sebagian Warga Binaan melaksanakan sholat tarawih di Masjid atau Mushola, sebagian lagi melaksanakan sholat tarawih di kamar hunian masing-masing,” ungkapnya.

Pelaksanaan sholat tarawih dan tadarus dilaksanakan pada tiga tempat berbeda. Warga Binaan yang berada di Blok Timur melaksanakan di Masjid At-Taqwa, sedangkan Warga Binaan yang berada di Blok Barat melaksanakan di Mushola Al-Hidayah.

“Warga Binaan Perempuan melaksanakan sholat tarawih dan tadarus di Musholla Annisa yang berada di dalam Blok Perempuan,” imbuhnya.

Agus menambahkan, untuk meningkatkan pengamanan telah dibuatkan jadwal piket tersendiri untuk mengawasi kegiatan tarawih dan tadarus.

“Selain regu pengamanan yang berdinas, juga ada petugas piket yang membantu kegiatan pengamanan,” tutupnya.

( Ip. Willy/Humas)