Program Pelatihan Budidaya Buah Alpukat , Ini Jenis Bibit Yang dipilih..!

oleh
oleh
Share artikel ini

 

Sampang,|| detiknews86.com – Pelatihan Budidaya Cocok tanam Alpukat merupakan sub kegiatan Pendamping Penggunaan Sarana Bidang Pertanian Dan Peternakan yang diadakan oleh Pj. Kepala Desa Napo Daya Kecamatan Omben Kabupaten Sampang. Selasa,10/06/ 2024.

Alpukat dipilih sebagai program pemberdayaan karena buah ini mudah dibudidayakan dan memiliki pangsa pasar yang luas baik dalam negeri maupun luar negeri. Alpukat bisa digunakan untuk berbagai keperluan lain selain untuk dimakan, misal dalam industri kecantikan bahkan obat herbal.

Pada pelatihan budidaya ini, para warga setempat diajari cara mengolah tanah, merawat tanaman, hingga cara untuk memasarkan hasilnya nanti.

Pelatihan budidaya alpukat juga termasuk salah satu ketahanan pangan bagi warga Desa Napo Daya, dan bukan hanya itu kegitaan ini juga mempunyai tujuan untuk menekan tingkat kerusakan lahan pertanian milik warga , sehingga adanya kegitaan ini juga mampu berikan suatu peluang kembali produktifnya lahan dan menambah penghasilan warga setempat.

Penanaman bibit alpukat di hadiri oleh Forkompincam, bersama warga sekitar lakukan penanaman disekitar lahan masing-masing dan pekarangan rumah , jenis bibit alpukat ini memiliki banyak keunggulan yakni , pohon yang besar, buah memliki daging yang tebal dan jenis alpukat aligator ini juga akan menghasilkan buah yang lebih besar pada alpukat biasa pada umumnya.

Berjumlah 29 bibit alpukat Pemerintah Desa bersama warga akan siap melakukan penanaman pada lahan masing-masing milik warga , Pj. Kepala Desa Napo Daya Yakun mengatakan bahwa , kegiatan ini merupakan salah satu Program Desa TA Anggaran 2024 yang bisa memberi dampak bagi warga setempat untuk membudidaya buah Alpukat hingga nanti warga bisa menikmati hasil saat memasuki musim berbuah.

” Pelatihan Cocok Tanam Alpokat di Desa Napo Daya ini, cuman ingin masyarakat bisa mencari peluang dalam jenis tanaman yang berbeda, yaa alpukat ini juga bisa jadi peluang yang produktif pada masa berbuah, sehingga warga bisa menambah penghasilan saat pohon alpukat itu berbuah.,” katanya.

Ia juga menambah, telah mendistribusikan bibit alpukat unggulan ini kepada warganya berjumlah 29 bibit yang siap tanama di lahan mereka masing-masing.

” Ada 29 bibit unggulan yang saya distribusi ke warga, dan bisa di tanam pada pekarangan rumah ataupun di masing-masing lahan milik warga Desa Napo Daya, Kegiatan ini juga merupakan ketahan pangan untuk masa berkelanjutan., ” ungkap Yakun. Kamis 04/07/2024.

 

 

 

Robby