Cegah DBD Di Musim Penghujan Masyarakat Dihimbau Lakukan 3 M Plus

Share artikel ini

detiknews86.com , Minahasa Selatan – Memasuki musim hujan, masyarakat perlu mewaspadai penyakit demam berdarah dengue (DBD) dan sejumlah penyakit yang mudah menyerang tubuh.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Minahasa Selatan , Dr Wiwin Opod. Dengan himbauan tentang pencegahan penyakit DBD bisa dilakukan melalui gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSM) dan 3M plus, yaitu menutup, menguras dan mengubur barang-barang bekas, plus mencegah keberadaan sarang nyamuk di sekitar tempat tinggal.

Tindakan pencegahan lainnya juga ialah mengganti air misalnya di vas bunga, mengecek tatakan dispenser dan kulkas, membersihkan saliran air, memakai kelambu atau memasang kawat kasa di ventilasi agar nyamuk tidak masuk kamar atau ruangan.

Tindakan fogging bukan penangan dan pencegahan utama, karena tindakan fogging hasilnya tidak signifikan, bahkan akan membuat nyamuk resisten (kebal dan tidak mati karena fogging), serta dapat mencemari lingkungan.
Selain itu fogging memang membunuh nyamuk dewasa tetapi tidak berpengaruh pada jentik nyamuk yang menjadi sumber masalah utama , Mari kita cegah demam berdarah dan juga menerapkan pola hidup sehat ,kunci Dr Wiwin.

( BERNY)