Siswa TK Asal Brebes Zaidan Raih Juara Tingkat Asian di China

Share artikel ini

Brebes, detikNews86.com – Bocah asal Kabupaten Brebes, Zaidan Bima Eljanitra (Bima) meraih juara dalam perlombaan Event Push bike 8 Asian Championship.

Perlombaan tersebut digelar selama dua hari, dari tanggal 6 sampai 7 Juli 2024 lalu, di Kota Dongguan, Provinsi Guangdong, China.

Zaidan Bima Eljanitra yang akrab dipanggil Bima merupakan anak didik dari Taman Kanak-kanak (TK) Ananda Mandiri Brebes.

Bima sering mendapatkan prestasi dalam berbagai kegiatan balapan, dari lomba KBPY Championship Serie 1 di Jogja meraih juara 1 pada Juni 2024, disusul Runbike Cup Jepara meraih juara 1 pada Juli 2024 dan yang baru ini juara 1 lomba Runbike pada 8 September 2024 di Tegal.

Push bike sendiri merupakan olahraga sepeda roda dua tanpa pedal (kayuhan), tanpa rantai dan sistem penggerak yang bisa diikuti oleh anak berusia 18 bulan hingga 9 tahun.

Meskipun tergolong olahraga baru di Brebes, namun kini push bike atau olahraga sepeda tanpa pedal sudah mulai diputar oleh para orang tua.

Sepeda dorong memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk tumbuh kembang anak serta mendukung anak untuk dapat bersepeda sejak dini hingga dan juga mengukir prestasi.

Olahraga ini merupakan dasar untuk membentuk keterampilan motorik anak, melatih keseimbangan, koordinasi tubuh sebelum mereka mengenal sepeda menggunakan pedal.

Selain itu, anak-anak juga mulai diperkenalkan kompetisi jiwa dan sportivitas sejak usia dini.

Dayu, orang tua Bima mengatakan, push bike saat ini sedang tren atau banyak event yang digelar baik di negeri maupun di mancanegara.

“Bertepatan pada peringatan HUT RI 17 Agustus 2024, Bima mendapatkan penghargaan dan apresiasi dari Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar di Pendopo Kabupaten Brebes,” kata Dayu saat diwawancarai, Jumat (13/9/2024).

Lanjut Dayu, semoga segera terbentuk komunitas push bike di Brebes, agar dapat membantu mewadahi anak-anak yang ingin menekuni olahraga sepeda tanpa pedal ini.

Ia berharap, push bike di Brebes bisa terus eksis dan lebih dikenal masyarakat sehingga semakin banyak orang tua yang mengajak anaknya mengenal olahraga ini.

(dms)