Prodi D.III Keperawatan Langsa, Poltekkes Kemenkes Aceh Dan SEAMEO RECFON Gelar Program Pencegahan Stunting

Share artikel ini

DETIKNEWS86.COM | LANGSA

Dalam salah satu kebijakan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam upaya pencegahan Stunting yang merupakan salah satu Program Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kamis (09/10/2024)

Poltekkes Kemenkes Aceh (Prodi D.III Keperawatan Langsa), Dinas
Kesehatan Aceh Timur dan SEAMEO RECFON Gelar Pelatihan Anakku Sehat dan Cerdas sebagai Upaya Pencegahan Stunting Pada Guru PAUD HI (Holistik Integratif) dan Kader Posyandu di Aula Puskesmas Rantao Seulamat Aceh Timur.

Perlu adanya integrasi pemahaman terhadap guru PAUD dan kader posyandu dalam melakukan pencegahan stunting terutama di tempat mereka berada.

Untuk menunjang kebijakan Kementerian Kesehatan tersebut, Poltekkes Kemenkes Aceh, Dinas Kesehatan Aceh Timur dan SEAMEO RECFON berinisiatif
melaksanakan Hal tersebut dalam bentuk pengbdian kepada masyarakat sebagai wujud Tri darma perguruan tinggi Poltekkes Kemenkes Aceh Program Studi D.lII Keperawatan Langsa.

Dengan harapan peserta mampu dan paham dalam menilai pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini (AUD) dan balita.

Hadir nya posyandu, mampu melakukan peran penting kepada orang tua, anak usia dini serta
melakukan koordinasi dengan petugas kesehatan.

Kegiatan ini digelar di Aula UPTD Puskesmas Rantau Seulamat Kabupaten Aceh Timur pada tanggal, 02 Oktober – 4 Oktober 2024, dengan peserta guru PAUD HI sebayak 11 orang dan Kader Posyandu 10 orang.

Pengabmas ini dilaksanakan oleh Dosen Poltekkes Kemenkes Aceh terdiri dari Prodi Keperawatan Langsa, Prodi Gizi Banda Aceh, Prodi Kebidanan Langsa, dan Keperawatan Banda Aceh, serta melibatkan sejumlah mahasiwa, kegiatan ini disambut dengan sangat antusias oleh guru dan kader posyandu.

Acara ini di laksanakan oleh tiem dosen yang diketuai oleh Lina, SKM. M. Kes dengan anggota terdiri dari Kasad, SKM. M. Kes. Meliani Sukmadewi H, S.Kep M.Kes, Dr. Arifin Ahmat, SST. M. Kes. Emilda, SST, MPH, dan Ns. Supriyanti, S.Kep. M. Kes.

Dalam hal ini disampaikan oleh Kasad, SKM. M. Kes dan Lina, SKM. M. Kes, ”bahwa apa yang dilakukan pihaknya merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dilaksanakan oleh seluruh Civitas akademika di lingkup Poltekkes Kemenkes Aceh ”Ujar Kasad dan Lina.

[AR]