Air Sungai Dalu Dalu Mulai Menerobos Perkampungan Warga di Air Putih.

oleh
oleh
Share artikel ini

Air Sungai Dalu Dalu Mulai Menerobos Perkampungan Warga di Air Putih.

BATU BARA | Detiknews86.com – Warga pinggiran sungai dalu dalu mulai kwatir meluapnya air sungai di perbatasan Desa Suka Raja dan Desa Pematang Panjang Kec Air Putih makin meningkat, salah satunya pohon kelapa sawit sudah mulai ikut tergeret arus sungai. Kamis 10 Oktober 2024 pukul 01.00 Wib.

Pantauan Lembaga Investigasi Negara LIN Petrus Gultom dilokasi sungai dalu dalu, menuturkan akan memprediksi terjadi banjir bandang akibat tanggul sungai dalu dalu berdampak jebol.

Ternyata kekwatiran warga akhirnya benar meluapnya sungai dalu dalu mengakibat dibeberapa desa kebanjiran, benteng becah.

Banjir bandang itu menurut Petrus Gultom terimbasnya kepada warga Desa Suka Raja dan Kampung Aras.

Selain itu, ungkap Petrus Gultom,bahkan di Jalan Lintas Sumatera Utara (Jalinsum) juga diyakini terimbas banjir atau terjadi genangan air di badan jalan.

Hal ini dapat terjadi aktivitas jalan lumpuh total, dan perekonomian warga Desa Suka Raja dan Kampung Aras akan merugi baik harta bergerak dan tidak bergerak.

Lembaga investigasi Negara meminta kepada Pj. Bupati dan DPRD Batu Bara ketegasan sikap untuk membenahi tanggul tersebut sebelum menelan korban jiwa, jangan tutup mata, seolah olah tidak peduli pada warga sekitar sidalu dalu.

Dimana warga sekitar sungai sidalu dalu selama Hampir 2 (dua) tahun tidak pernah bertanam padi, sedangkan mata pencarian terputus tidak adanya air.

Ratusan hektar sawah tidak bisa ditanami yaitu Desa suka ramai, Desa Limau Sundai, Desa Kampung Kelapa, Desa Pematang Panjang dan Desa Suka Raja, semua menangis, mengadu keforkopimda, tidak ada tanggapan. (Staf07)