Semrawut nya Pemasangan Kabel Fiber Optic di Tiang PLN di Dusun Blangkon di Duga tidak Adanya Izin dan Melanggar Aturan

oleh
oleh
Share artikel ini

Banyuwangi DetikNews86.com. Kemajuan teknologi jaringan WIFI yang sangat pesat kini dirasakan seluruh masyarakat Indonesia. Tidak hanya perkotaan namun juga merambah ke pedesaan, seperti contoh di Dusun Blangkon Desa Kebaman Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi. Senin, 21 Oktober 2024.

Kebutuhan yang serba internet, mendorong banyak perusahaan provider masuk ke berbagai pelosok untuk memperluas jangkauan. Akibatnya, setiap tiang listrik yang berada di Dusun Blangkon Desa Kebaman Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi dipenuhi kabel fiber optik (FO) yang banyak bergelantungan diberbagai tempat yang diduga masih banyak yang belum berizin dari Dinas terkait.

Rendra Ketua PAC. Macan Asia Indonesia mengungkapkan “Seharusnya pemerintah harus mengontrol dengan adanya kegiatan ini, dan pemasangan kabel internet tidak saling menumpuk semrawut begitu, harus menggunakan tiang pribadi supaya teruji keamanannya, kalau masuk ke permukiman Dusun minimal harus tetap ada izinnya, seperti ke RT dan RW kelurahan sampai kecamatan, tapi mungkin sepertinya disengaja dgn diam diam karena Perusahaan provider menghindari ‘Cost Social’ yang lebih tinggi. ”ujarnya.

Ditempat yang sama Rendra juga menyampaikan permintaan kepada Pemerintah melalui Dinas terkait mulai dari Dinas Pekerjaan Umum, Kominfo, hingga Satpol PP harus proaktif dalam menangani masalah ini terutama kami berharap agar Satpol PP lebih tanggap untuk merespon Masyarakat dan Media. Apabila memang tidak berizin harus ditindak tegas untuk kabel internet tersebut, ”Tutup Rendra Tegas.

Panorama semerautnya kabel Tiang internet yang berada di Dusun Blangkon Desa Kebaman Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi membuat warga masyarakat terganggu dengan kabel internet diduga tanpa perizinan yang resmi dari instansi tekait yang berwenang seperti contoh masyarakat yang mempunyai hajatan memerlukan pemasangan Tarup, penjor dan lain lain untuk undangan namun dengan banyak nya kabel optik yang terpasang di depan rumah membuat kesulitan dalam melakukan pemasangan.

Gofur Ableh salah satu warga Dusun Blangkon Desa Kebaman Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi sekaligus Humas PAC. Macan Asia Indonesia menyampaikan, “keberadaan kabel-kabel internet yang saat ini banyak dikeluhkan oleh masyarakat, Karena terlihat dalam satu tiang listrik banyak menempel kabel provider WIFI bergelantungan tidak tertata yang berada di depan rumah warga juga sangat menganggu pemandangan dan juga bisa membahayakan warga jika kabel putus tidak segera diperbaiki, itu juga sudah pernah terjadi dgn adanya kabel putus mengakibatkan pengendara jatuh. “Ujarnya.

Crew media ini pun mencoba melakukan penelusuran siapa sebenarnya pemilik atau vendor wifi yang melakukan pemasangan kabel wifi di tiang listrik milik PLN tersebut untuk dimintai dikonfirmasi, tapi belum berhasil. (IP. Rendra)