Aksi Gotong Royong Warga Sukatani: Solusi Bersama Atasi Genangan Air di Musim Kemarau

oleh
oleh
Share artikel ini

Bekasi : //detiknews86.com/ – Warga Kampung Kali Capang RT 04 RW 06 Gang Musholah Al-Ikhlas Desa Sukamulya dan Desa Sukamanah Kecamatan Sukatani Kabupaten Bekasi, melaksanakan kegiatan gotong royong untuk membangun Jalan Lingkungan (Jaling).

Kegiatan tersebut, bertujuan untuk mengatasi masalah banjir di kala musim hujan yang sering merendam di Permukiman warga setempat yang sudah bertahun-tahun belum terealisasi.

Salah satu warga Desa Sukamulya Andri Mayadi menjelaskan, bahwa dana untuk pembangunan ini berasal dari iuran warga setempat, ia pun ingin mewujudkan jalan yang indah dan bebas banjir, karena sudah bertahun-tahun pembangunan ini belum terealisasi. Sedangkan, jalan ini adalah akses warga RT 004/006 untuk aktivitas sehari-hari.

“Kami sangat berharap kepada Pemerintah setempat dapat melihat dan melanjutkan dengan di betonisasi secara permanen agar warga 004/006 tetap bisa beraktivitas tanpa terganggu dengan air yang selalu menggenang di gang mushola Al Ikhlas ini. Air yang menggenang di gang mushola bukan hanya saat musim penghujan musim kemarau pun sering tergenang,”Ucap Andri pada (22/10/2024).

“Kasihan anak-anak sekolah kalo mau berangkat sekolah harus muter mencari jalan yang memang tidak banjir , gang mushola Al Ikhlas adalah gang yang aktif, karena gang tersebut menghubungkan dua desa antara desa Sukamulya dan Sukamanah,semoga kedepannya pemerintah dapat mengambil sikap untuk jalan tersebut,”Ungkapnya.

Selain itu, Ketua Koordinator Kecamatan Sukatani LSM Prabhu Indonesia Jaya Reza Makhbub J ia pun turut memberikan apresiasi terhadap inisiatif warga,”Saya merasa bangga melihat partisipasi masyarakat yang bersinergi dalam membangun jalan ini. Upaya ini diharapkan dapat mengurangi dampak banjir takibat luapan air kali Capang maupun pembuangan limbah rumah tangga,”Tutur Reza.

Dengan adanya gotong royong ini, diharapkan kondisi lingkungan akan membaik dan warga dapat merasakan manfaatnya secara langsung. (Rudiansah)