Kemendes Minta Pemkab Singkil Manfaatkan DD Entaskan Kemiskinan

Share artikel ini

DetikNews86.com–Singkil | Kementerian  Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) meminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) dan Pemerintah Desa (Pemdes) di Kabupaten Aceh Singkil, Aceh, agar fokus menggunakan dan memanfaatkan Dana Desa (DD) tahun  ini untuk program-program pemulihan ekonomi yang sesuai dengan kewenangan desa.

Sebab, dengan melalui percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sesuai kewenangan desa tersebut. Kedepan,  Desa tanpa kemiskinan akan terwujud. Terutama di wilayah Kabupaten Aceh, Singkil, Aceh.

” Kita ketahui bahwa saat ini angka kemiskinannya di Aceh Singkil masih diatas 20 persen. Untuk itu, dengan Dana Desa melalui program pemulihan ekonomi kreatif pelan – pelan Singkil bisa keluar dari status tersebut.” sebut Menteri PDTT RI, Abdul Halim Iskandar melalui Sekretaris Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal (Sesditjen PDT Kemendes PDTT). Razali AR, kepada RRI. Jum’at (26/8/2022)

Menurut Razali,  dengan bergulirnya Dana Desa (DD) selama lebih kurang 8 tahun. Ia yakin, seluruh perangkat Desa di Aceh Singkil pada khususnya, sudah memahami dan mengerti terkait dengan pengelolaan dana yang benar dan bermanfaat bagi wilayahnya masing-masing, terutama tegas Mantan Pj. Bupati Aceh Singkil itu, dengan kehadiran Dana Desa (DD)  tentunya bisa memicu kegiatan ekonomi produktif.

” Sebab, tujuan utama kehadiran Dana Desa adalah untuk mensejahterakan Masyarakat.” jelas Razali, disamping itu, Razali AR juga menyinggung untuk tahun ini, anggaran Dana Desa (DD) yang di kucurkan Pemerintah pusat ke Provinsi Aceh hampir Rp. 5 Triliun.

Untuk diketahui, Pemerintah pusat melalui Kementerian PDTT menyalurkan Dana Desa (DD) untuk wilayah Kabupaten Aceh Singkil Sebesar Rp. 96 Miliar. Meski kucuran anggaran tersebut, tercatat menurun dari tahun sebelumnya.  Namun, jika Dana Desa ini digunakan dengan baik dan benar, maka apa yang menjadi harapan Pemerintah pusat untuk mengentaskan kemiskinan akan terwujud di Aceh Singkil. [KPA]