Diduga Jauh Dari Spek Dan Rab, Proyek P3 TGAI Sumber Tani Dua Teluk Bango Dikerjakan Asal Jadi

oleh
oleh
Share artikel ini

Bekasi,//detiknews86.com/ – Proyek Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) dengan anggaran senilai Rp.195.000.000 dan bersumber dari APBN Tahun 2023, Desa Karangharja, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, sudah dilaksanakan kembali dan sudah berjalan, di beberapa titik di kabupaten Bekasi,Rabu (31/05/2023).

Berdasarkan hasil investigasi kami dilapangan bersama awak media, Dan Lsm ada beberapa temuan atas pekerjaan yang saat ini dalam masa pengerjaan yang dikerjakan oleh kelompok P3AI,  diduga tidak ada galian sepatu batu hanya disenderkan disisi tanggul galeng tanpa ada cerucuk bambu sedangkan medan lokasi tanahnya berlumpur dan labil.

Terpisah, Ketua Lsm Prabhu Indonesia Jaya Kabupaten Bekasi, N. Rudiansah saat  Investigasi kelokasi mengatakan, “kalau pekerjaan irigasi saluran tersier sudah banyak melanggar spek dan juknis dalam proses pembangunan, kemungkinan besar kualitas dan kuantitas pekerjaan itu, bisa jadi akan cepat rusak dan tidak bisa bertahan lama. Tutur N Rudiansah

Saya berharap untuk pihak konsultan pendamping tolong diawasi secara benar dalam proses pelaksanaan proyek ini, Karena anggaran yang sudah digelontorkan oleh pihak Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Balai Besar Wilayah Sungai Citarum dalam hal ini pihak Balai besar yang sifatnya Swakelola untuk Perkumpulan Petani Pengguna Air ( P3A) Sumber Tani Dua Teluk Bango di Kampung Kobakceper, Desa Karangharja dan saya berharap Konsultan Manajemen Balai (KMB) agar selalu monitoring,” ungkapnya.

Lanjut N. Rudiansah,” Jangan sampai anggaran yang diperuntukkan untuk pembangunan atau rehab saluran sekunder atau Tersier banyak digunakan untuk kepentingan pribadi atau kelompoknya,” tandasnya

Di tempat berbeda PPK  Oprasi Dan Pemeliharaan SDA II.saat dikonfirmasi awak Media melalui pesan WhatsApp, tentang standar pemasangan batu untuk p3ai mitra cai dirinya mengatakan ” Saya berterimakasih kepada teman2 sosial control yang telah membantu memonitoring kegiatan P3AI, tutur PPK Oprasi Dan Pemeliharaan SDA II.

Lebih lanjut tim mencoba kembali konfirmasi kepada KMB (Konsultan management Balai) tentang standar pemasangan batu program p3ai mitra cai, dirinya mengatakan” semua mengacu pada Juknis Nomor 6 tahun 2022,
Untuk lebih lanjut komunikasikan kepada ketua kelompoknya masing-masing ya bang”tutur KMB melalui pesan WhatsApp nya

Sampai Berita ini di terbitkan pelakasana kegiatan P3AI Sumber tani dua teluk Bango saat dikonfirmasi awak media melalui pesan WhatsApp Tidak membalas ataupun merespon. ( Red ).