MENINGKATKAN KAPASITAS APARATUR DESA,PEMDES DESA PANAI KECAMATAN SANGA DESA IKUTI PELATIHAN.

oleh
oleh
Share artikel ini

MUBA SUMSEL-Detiknews86.com

Demi terwujudnya Pembangunan Nasional yang menyeluruh dengan pengelolaannya melibatkan segenap aparatur pemerintah, baik ditingkat pusat maupun ditingkat daerah sampai ditingkat pemerintah yang paling terendah yaitu Desa,mengingat pemerintahan desa merupakan basis pemerintah Termasuk dalam struktur pemerintah di Indonesia yang sangat menentukan bagi berhasilnya Pembangunan Nasional yang menyeluruh.

 

Dengan pelatihan diharapkan Pemerintah Desa dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung penyelenggaraan pemerintahan Desa,baik secara kemampuan dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi aparatur Pemerintah Desa dengan mengacu pada Dasar-dasar Hukum atau Undang-undang yang ada. Seperti bidang menejemen pemerintahan Desa, menyusun perencanaan pembangunan Desa, pengelolaan keuangan dan aset Desa.

 

Hal itu bertujuan Untuk mengelola dana Desa yang efektif, efisien, akuntabel, dan transparan diperlukan pembinaan dan pengawasan yang dilakukan oleh pemerintah Kecamatan terhadap aparatur Pemerintah Desa dalam bidang pemerintahan, sehingga perangkat Desa dapat melakukan tugas dan kewajibannya dengan baik dalam melayani masyarakat.

 

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD)melakukan pelatihan peningkatan kapasitas aparatur desa dalam wilayah Kecamatan Sanga Desa, Rabu (31/5/2023).

 

Pelaksanaan pelatihan aparatur desa dalam wilayah Kecamatan Sanga Desa selama tiga hari terhitung mulai tanggal 29 S/d 31 Mei 2023 terdiri dari 11 Desa,Desa Keban 1, Keban 2, Air Itam, Tanjung Raya, Kemang, Terusan, Ngulak II, dan Ngulak III, Nganti, Panai dan Desa Air Balui.

 

Pelatihan yang di laksanakan di desa Panai kecamatan Sanga desa ini terasa istimewa karena di hadiri langsung oleh kepala dinas pemberdayaan masyarakat Desa H Richard Cahyadi AP Msi, selaku Camat Sanga Desa Hendrik SH Msi yang di wakili sekcam naherunay SH Msi,Kasi pemerintahan dan peningkatan kapasitas aparatur desa dari DPMD Fitriadi SE,juga Beni Isnen AP Msi dari DPMD Muba, Kepala Desa Air Balui Amrullah dan Kepala Desa Nganti Budiarto turut hadir mendampingi perangkat desa nya.

 

Peserta pelatihan yang terdiri dari anggota BPD, Perangkat Desa, Kepala Dusun tampak antusias mengikuti pelatihan yang diberikan oleh beberapa pemateri baik dari Dinas PMD, inspektorat,Kecamatan, hingga Kejaksaan negeri Sekayu.

 

Dalam kesempatan tersebut Sri Wahyuningsih Kepala Desa Panai sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan pelatihan, menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas kehadiran Kadis PMD H.Richard Cahyadi AP Msi .

 

Ia juga berpesan kepada para peserta pelatihan terkhusus nya aparatur Desa Panai agar dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik agar nantinya apa saja materi yang di sampaikan dapat di serap dan di pahami, serta nantinya dapat di aplikasikan dalam sistem pemerintahan Desa dan pelayanan publik terkhusus nya desa Panai.ungkapnya.

 

Lebih lanjut ia juga berharap dengan adanya program pelatihan, menjadi suatu kesempatan bagi aparatur desa Panai dalam menimbah ilmu pengetahuan tentang sistem pelayanan publik dan pemerintahan Desa, semoga dengan pembekalan ini aparatur desa dapat bekerja dengan baik,lebih profesional dan lebih maksimal dalam menjalankan tugas sebagai perangkat dan aparatur desa, dan dapat memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat desa Panai.tutupnya .(Katada).