200 Peserta Ikuti Pendidikan & Etika Budaya Politik

Share artikel ini

DETIKNEWS86.COM, SINGKIL

Sebanyak 200 peserta mengikuti acara pendidikan politik dan etika budaya politik menjelang agenda besar pemilu serentak 2024 mendatang.

Acara yang dilaksanakan Bakesbangpol Aceh Singkil tersebut mendapat antusiasme dari para peserta.

Pakta nya, 150 peserta yang terdiri atas elemen masyarakat yaitu perwakilan Ormas LSM, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan insan pers. Sementara 50 peserta lagi dari bakal caleg perempuan utusan parpol kata Amril. AR, SH, M.Si.

Kegiatan ini dilaksanakan di dua tempat, yakni di aula gedung seni budaya Pulo Sarok dan aula Bappeda ucap nya, Rabu (12/7/2023).

Penjabat (Pj) Bupati Aceh Singkil, Marthunis, ST DEA dalam sambutan nya mengatakan bahwa tahun 2024 Indonesia akan melaksanakan perhelatan politik yang besar, yaitu pemilu nasional.

Pemilu nanti untuk memilih Presiden, DPR, DPD, DPRD dan juga pilkada serentak.

Pemilu serentak ini akan menjadi ujian yang sesungguhnya bagi bangsa Indonesia dalam menjalankan Demokrasi sebut bupati.

KPU urai nya telah menetapkan Rabu 14 Pebruari menjadi hari pelaksanaan pemungutan suara tahun 2024.

“Untuk itu pendidikan politik sangat penting bagi masyarakat termasuk kaum perempuan, sehingga saat pemilu nanti mereka dapat berpartisipasi secara aktif menjadi calon legislatif maupun pemilih cermat”, kata Marthunis.

Data word bank tahun 2019,partisipasi perempuan dalam lembaga legislatif masih sangat rendah menduduki peringkat ke-7 se Asia Tenggara. sehingga peran perempuan harus ditingkatkan.

Pemilu 2019, keterwakilan perempuan di legislatif berada diangka 20,8 persen atau 120 anggota legislatif perempuan dari 575 anggota DPR RI.

Partisipasi itu lanjut Pj Bupati Marthunis masih dibawah angka persyaratan 30 persen jumlah calon legislatif perempuan, belum lagi di daerah-daerah yang kebanyakan jumlah nya dibawah 20 persen tutur nya.

[JMR]