Grebeg Suroan di Alas Purwo, Pendopo Semar Nusantara Duhadiri Tamu Tamu Agung Raja Nusantara

oleh
oleh
Share artikel ini

Banyuwangi, detiknews86.com Dalam menyambut Grebeg Suro tanggal 1 Muharram yang dalam istilah Jawa di kenal dengan malam 1 Suro, Pendopo Semar Nusantara (PSN) mengadakan pagelaran Wayang Kulit dengan lakon Semar Memayu Hayuning Bawono dan Jamasan Pusaka Pepengetan Agung Haul Akbar Guru Dalang Alm. Ki Manteb Sudarsono.

Bertempat di Jalan Plengkung No. 127, Sumbergedang, Alas Purwo, Kec. Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi yang akan di laksanakan pada 30 Juli 2023.

1 Muharram merupakan tahun baru Islam yang di kalangan masyarakat Jawa lebih di kenal dengan malam 1 Suro, yang hingga saat ini dianggap sakral.

Sebagaimana di sampaikan Ketua Umum Pendopo Semar Nusantara (PSN), Mbah Uny Saputra bahwa rangkaian acara Grebeg Suro kali ini di kemas dengan agenda berbeda berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

“Agenda agenda yang telah kami persiapkan, bahwa acara Grebeg Suro kali ini berbeda dari sebelumnya, kali ini kita berencana akan mengadakan pagelaran Wayang Kulit dengan lakon “Semar Memayu Hayuning Bawono” sekaligus Jamasan Pusaka Pepengetan Agung Haul Akbar Guru Dalang Alm. Ki Manteb Sudarsono yang akan di gelar di Alas Purwo, Tegaldlimo”, terangnya.

Acara ini kita gelar sekaligus untuk memperkuat Budaya Leluhur yang mampu bertahan dalam kebhinekaan, memberikan tauladan untuk tawadluk, sopan santun dan beriman serta Guyub – Rukun dalam kebersamaan antar sesama,” tambahnya,

“Saya berharap Keluarga Besar Pendopo Semar Nusantara bisa hadir seluruhnya sekaligus menyambut tamu agung, tamu kehormatan Keturunan Raja-raja se-Nusantara, diantaranya yang terhormat:

SRI PADUKA KGPAA MANGKU ALAM ll.
IDA TJOKORDA GEDE AGUNG SEMARAPUTRA, PURI KLUNGKUNG BALI_.
IDA TJOKORDA GEDE PUTRA NINDIA, PURI PALIATAN BALI.
KP KANJENG PANGERAN KRISTIAN SABILAL PUSSUNG CIPTO NEGORO.
LALU SATRIA WANGSA, NTB
RM. AGUS SURYODIKUSUMO, BANGKALAN – MADURA.
KPH HAJI ANDI BAHU MALIK BARAMMASE, SH KARANTA TUKKAJANGANG SATRIO SASMITA, GOWA – SULAWESI SLATAN. ucap Mbah Uny.
( Ip. Totok )