Gelar Sarasehan Temu Seni Performance Tubaba,Hadirkan Sejumlah Seniman Nasional

oleh
oleh
Share artikel ini

Tubaba-Detiknews86.com

Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, gelar Sarasehan Temu Seni Performans Indonesia Bertutur tahun 2023

Sejumlah seniman nasional berkumpul di penyusuqan Nughik (Rumah Baduy) Kota Budaya Ulluan Nughik, Kabupaten Tubaba, dengan mendatangkan narasumber Ir. Umar Ahmad, S.P, Pembina Sekolah Seni Tubaba dan Dr. St. Sunardi Penulis dan Pemikir Seni dan Kebudayaan dari Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta. Kamis (03/08/2023).

Dalam kesempatannya,Umar Ahmad selaku pembina sekolah seni tubaba mengatakan.tujuan Sarasehan hari ini guna mendiskusikan atau memperkenalkan kebudayaan dan potensi yang ada di Kabupaten setempat.

“Cikal bakal berdirinya Kota Budaya Ulluan Nughik, dahulu kakek saya bersahabat dengan banyak orang dia mengatakan tempat ini yang akan menjadi pusat keramaian. Namun saya tidak pernah membayangkan karena saya dulu masih remaja.Mana mungkin tempat keramaian yang ditunjuk banyak pohon karet pada waktu itu,” ujarnya.

Kemudian,Umar juga menjelaskan proses perjalanan membangun Tubaba dengan menitik beratkan pada pembangunan bernilai seni dan kebudayaan .

“Membangun karakter Tubaba mulai dari orang-orang Tubaba hingga membangun infrastruktur Tubaba dengan ciri khas bangun Tubaba, agar Tubaba punya khas tersendiri ,Selamat ber Tubaba, semoga Tubaba terus berkembang dan maju, agar cita-cita menuju Tubaba Pulang ke Masa Depan dapat terwujud,” ujarnya.

Sementara itu, PJ Bupati, M. Firsada, mengungkapkan terus terang saya mengamati Tubaba selam 5 tahun terakhir promosi nya sangat baik, ternyata ini secara berantai mengalir ke seluruh daerah.

“Saya tidak tahu kedepannya mungkin saya akan kerepotan dikunjungi orang-orang dari luar daerah. Seni itu adalah keterampilan bahkan dalam hidup ini tidak ada apa-apanya tanpa seni, semuanya tawar dan hambar,”ucapnya

Masih Ditempat yang sama, Sunardi Penulis dan Pemikir Seni dan Kebudayaan, mengungkapkan bahwa dirinya semakin yakin Tubaba bukan hanya sekedar tempat dan nama, setelah saya sampai di sini ternyata lebih dari itu, ada banyak nilai-nilai kebaikan yang dapat dilihat.

“Jadi sejauh yang saya tahu dan yang saya tangkap Tubaba banyak sekali kebaikan-kebaikan yang bisa kita ambil dari sini, maju terus Tubaba mudah-mudahan kedepannya semakin maju dan sukses,”tungkasnya(San)