*Jaranan* Kesenian Yang Digandrungi Masyarakat Banyuwangi Turut Memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke 78 Desa Jelun Kecamatan Licin Banyuwangi.

oleh
oleh
Share artikel ini

Banyuwangi, detiknews86.com
Lokasi tepatnya di kaki Gunung Ijen Kabupatenh Banyuwangi Kecamatan Licin Desa Jelun. Hari minggu tanggal 27 Agustus 2023 di adakan Karnaval Budaya dengan start di lapangan Dusun Jelun dan Finish didepan Kantor Balai Desa Jelun. Pemerintah Desa Jelun selain mengadakan kegiatan karnaval juga memberikan tontonan kepada Masyarakat berupa Kesenian Jaranan modern yang saat ini lagi semarak di daerah Banyuwangi, ikut juga dalam rangka memeriahkan Kemerdekaan HUT RI ke-78.

Turut hadir dalam kegiatan Karnaval dalam rangka memeriahkan Kemerdekaan HUT RI ke-78 tersebut, Kepala Desa Jelun Nasrudin Sarkowi Serta Perangkat Desa Jelun, Kantibabinmas Aipru Bambang Edy Sumantri, Panitia Penyelenggara Desa Jelun, dan Peserta Karnaval.

Kegiatan Pawai Kemerdekaan HUT RI ke-78 tersebut hanya di ikuti oleh sekelompok Masyarakat warga Desa Jelun,
Yang paling menyita perhatian masyarakat adalah digelernya Kesenian Jaranan Modern. Warga berbondong bondong dan sangat antusias untuk menyaksikan Kesenian Jaranan, yang saat ini lagi digandrungi oleh masyarakat.

Dalam sambutanya Kepala Desa Jelun Nasrudi Sarkowi mengucapkan terimakasih kepada semua pihak utamanya warga masayarakat Jelun yang telah kompak memeriahkan HUT ke-78 RI.
Dan saya sangat berterimakasih kepada semua pihak yang terlibat langsung maupun tidak sudah mendukung atas terselenggaranya kegiatan ini,” ucap Kades.
Sebelum Kesenian Jaranan Modern dimulai, dan karena antusiasme masyarakat dalam memeriahkan acara Kesenian Jaranan.

Babinkantimas Aiptu Bambang Edy Sumantri Menghibau kepada Masyarakat supaya tertib, menjaga keamanan dan kesuksesan Kesenian Jaranan sampek selesai. Dan kami sebagai wakil dari Polsek tidak segan segan memberi tindakan tegas kepada oknum pembuat kerusuhan, tegas Bapak Babinkantimas Aiptu Bambang Edy Sumantri.

Salah satu Panitia Penyelengara yang berhasil kami temui mengatakan, terselenggaranya pawai budaya ini untuk memeriahkan HUT ke -78 RI dan mengingat sejarah para pahlawan bangsa.
Saya berharap di depan dapat terselenggara lagi lebih meriah Perayaan di desa kami Jelun.

( Ip. Yani )