Dugaan KKN : Proyek Irigasi Cv Sri Deli Rp 7.8 M Dinilai Tak Sesuai Perencanaan.

oleh
oleh
Share artikel ini

Batu Bara – detiknews86.com – Peningkatan jaringan irigasi permukaan D.I Simodong (DAK) Kec Sei Suka Kab Batu Bara Provinsi Sumatera Utara sebesar Rp 7.816.736.000 dinilai tidak sesuai perencanaan, ruang lingkup pekerjaan dimulai dari pekerjaan pendahuluan, pekerjaan kontruksi dan pekerjaan penataan, ada kesan dugaan terindikasi penyimpangan dari Speksifikasi. Jum’at (15/09/2023) siang.

Pasalnya, tujuan sasaran Proyek berfungsinya infrastruktur irigasi untuk melayani areal irigasi, yang dilaksanakan oleh penyedia jasa Cv. Sri Deli, sedangkan penanggunjawab pekerjaan dari Dinas PUPR Sumut.

Pembuatan saluran pasangan pada saluran skunder bromol sepanjang 1000 meter terletak di Dusun X Desa Pakam Raya Kec Medang Deras, sedangkan dan SC5 sepanjang 1.500 meter di Desa Cengkring Pakan, untuk SC7 sepanjang 1.800 meter di Medang Lama Kec Medang Deras.

Sedangakan rehabilitas sayap bangunan satu buah, perbaikan pintu bangunan bagi dan sadap. Nah,, program saluran irigasi ini merupakan kebutuhan masyarakat terkhususnya untuk para petani.

Berdasarkan pantauan pemerhati dilokasi kegiatan, terdapat campuran bahan yang digunakan sangat tidak masuk akal, terkesan asal jadi dan jauh dari kata standart. Jauh dari standart terkait campuran semen dan pasir tidak sebanding, semen 20 kilo dan atau setegah sak, pasir yang dituangkan kemulut molen terisi penuh.

Hasil dari 20 kilo semen, dari tuangan molen ke angkong, mencapai 6 ke 7 angkong. Selain itu, pemasangan batu, tidak sesuai ukuran.

Pertanyaanya, apakah adukan semen dan pasir maupun air sudah sesuai kerangka acuan kerja (KAK)? Tahap pengerjaan didapati oleh pemerhati lingkup bangunan irigasi yang dilaksanakan oleh penyedia jasa Cv Sri Deli sudah retak-retak, bahkan ada yang sudah pecah.

Hal ini Ketua PC LSM KCBI Batu Bara, Agus Si Tohang bicara dan berkomitmen untuk terus mengawal pembangunan irigas tersebut sampai tuntas. Warga Desa Pakam Raya kecewa dengan pekerjaan pemborong (kontraktor) nya, yang di kerjakan CV, Sri Deli, terkesan semerawut dan asal jadi.

Sempat terjadi keributan dilokasi pekerjaan, yang didahului oleh para pekerja tidak memakai helm keselamatan kerja K3 mereka mengklaim ” dengan nada marah kenapa pas ada keributan, yang datang LSM sama Wartawan yang datang.. kami tidak takut dengan LSM ataupun wartawan.

Kelian pergi aja sana, jangn ganggu kami kerja.. katanya dengan gaya ayunkan tangan keatas.

Sedangkan Ketua PC LSM KCBI Batu Bara, Agus Si Tohang sedangkonfirmasi bersama saudara Ibrahim selaku Direksi dari Dinas PUPR Provsu atas kegiatan yang dilakanakan Cv Sri Deli tidak sesuai Speksifikasi tentang campuran adukan semen. (Tim)