Puskesmas Sungsang Bagikan Masker Kepada Tukang Ojek dan Masyarakat.

oleh
oleh
Share artikel ini

Banyuasin,||detikNews86.Com-

Untuk mencegah dampak dari Kabut Asap yang terjadi, Petugas Puskesmas Sungsang beserta para kader poskesdes melakukan pembagian masker gratis kepada masyarakat Sungsang, Senin, (09/10/2023).

Masitoh salah satu bidan di Puskesdes Desa Marga Sungsang  mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan bersama Pihak Puskesmas Sungsang membagikan masker kesehatan kepada masyarakat salah satunya tukang ojek dan pengguna jalan dari Desa Marga Sungsang sampai Desa Sungsang IV sebagai upaya untuk mencegah dampak dari Kabut Asap yang terjadi imbuhnya

Dengan Ramah Bidan Santi Rahayu, Amkeb membagikan puluhan masker dengan sasaran masyarakat pengguna jalan yang tidak mengenakan masker saat beraktivitas.

“Kami bagi-bagi masker kepada masyarakat bertujuan untuk mencegah dampak yang ditimbulkan akibat Kabut Asap dari Kebakaran Hutan dan Lahan ini,” ungkapnya

Akibat dampak dari karhutla ini mengakibat meningkatnya Penyakit Saluran Nafas Atas (ISPA), baik pada anak anak maupun orang dewasa Terang Santi sapaan akrabnya.

Selain membagikan masker, kepala UPT Puskesmas Sungsang Herlina,S.Km, M.Kes  mengajak masyarakat agar selalu waspada terhadap gangguan kesehatan, karena kabut asap memiliki dampak berbahaya bagi tubuh karena akan mengiritasi mata dan saluran pernafasan (ISPA) Jelasnya.

Herlina juga menghimbau kepada Masyarakat Sungsang agar mengurangi Aktifitas di luar rumah,  Gunakan pakaian tertutup dan memakai Masker saat berada di luar rumah Menutup jendela dan pintu untuk menghindari asap masuk kedalam rumah serta 

Menjaga Jaga Kesehatan dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan banyak minum air putih dan Hindari Kegiatan yg menambah kabut asap dengan cara Tidak Membakar Sampah dan merokok.

Sebelum mengakhiri  Herlina berpesan, “Jika terdapat tanda-tanda iritasi pada mata dan rasa tidak nyaman pada saluran pernafasan segera kunjungi poskesdes maupun puskesmas terdekat.”  tuturnya.

 

(Hamkah)