Antisipasi Cuaca Ekstrem Bupati FDW Instruksikan Camat , Hukum Tua Memonitor Wilayah Masing-Masing

Share artikel ini

detikNews86.com , Minahasa Selatan -Memasuki peralihan cuaca dari musim kemarau ke musim penghujan, Bupati Minahasa Selatan Frangky D Wongkar SH meminta kepada seluruh jajarannya Pemerintah Daerah Kabupaten Minahasa Selatan, untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi cuaca ekstrim serta mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana. Hal itu diungkapkan Bupati FDW Sabtu (6/1/2024).

Bupati juga menyatakan telah menginstruksikan BPBD dan unsur terkait untuk bergerak cepat melakukan penanganan. Ia juga tengah menyiapkan bantuan bila ada warga terdampak bencana , Apabila terjadi bencana segera melaporkan kepada pemerintah setempat atau dapat menghubungi BPBD kabupaten Minahasa Selatan dan untuk nomor yang dapat dihubungi (082328834895 ,081257698013 , 081356565775).

Bupati FDW juga meminta kepada para camat untuk aktif memonitor wilayahnya, termasuk lokasi-lokasi rawan bencana dan gencar melakukan pemantauan untuk meminimalisasi dampak jika sewaktu-waktu terjadi bencana.

Untuk itu Bupati FDW telah menyebarkan surat edaran kepada para kepala perangkat daerah dan camat sampai ke lurah dan kepala Desa untuk menghadapi cuaca ekstrem.

“Kita semua harus terus meningkatkan kewaspadaan terhadap cuaca ekstrim yang melanda wilayah Kabupaten Minahasa Selatan , seperti hujan lebat, angin kencang dan lainnya. Semua harus aktif melakukan pemantauan dan pencegahan,” ucapnya.

Ia juga meminta kepada seluruh masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan jika terjadi cuaca ekstrem. Menurutnya, sikap waspada sangat penting untuk mengetahui sedini mungkin potensi alam di sekitar tempat tinggal masyarakat. (BERNY)