Babinsa Dampingi Peternak Dongkrak Swasembada Pangan Agara

Babinsa Dampingi Peternak Dongkrak Swasembada Pangan Agara

Share artikel ini

DetikNews86.com-Kutacane | Monitoring wilayah sekaligus aktif dalam melakukan pembinaan wilayah, Serma Jansen Siagian bersama rekan Babinsa Koramil 07/Semadam jajaran Kodim 0108/Agara, melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan menyambangi, Suhendri (40) warga binaan peternak Bebek petelur yang berlokasi di Desa Paya Kulur Kecamatan Semadam Kabupaten Aceh Tenggara, Minggu (31/07/22).

Ternak bebek merupakan salah satu pemberdayaan ekonomi masyarakat yang cukup menguntungkan dimana selain ayam, bebek diketahui sebagai salah satu ternak unggas penghasil telur yang cukup potensial. Selain harga telur bebek yang lebih mahal dari telur ayam, kandungan nutrisi dalam telur bebek juga lebih tinggi dibandingkan telur ayam.

Suhendri (40), pemilik bebek bertelur menuturkan, “Saat ini jumlah bebek yang ada di kandangnya sebanyak 600 ekor dan masih berusia 3 bulan sehingga diperlukan perawatan yang cukup dan pemberian pakan yang rutin untuk mendapatkan hasil telur yang optimal.

Hasil dari ternak bebek petelur, cukup lumayan apabila telur tersebut dijual ke konsumen. Keuntungan bisa menambah ekonomi keluarga,”ungkapnya.

Serma Jansen Siagian disela-sela kegiatannya menyampaikan, dalam beternak bebek petelur harus diperhatikan beberapa perawatan diantaranya kebersihan kandang, pemberian pakan yang cukup dan tepat serta pemberian vitamin kepada ternak.

“Kita juga memberikan sedikit masukan dan memotivasi kepada peternak Bebek supaya tetap produktif dalam menggeluti usahanya”, ujar Babinsa.

“Sebagai Babinsa kita sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Suhendri (40), yang membudidayakan usaha peternakan bebek petelur. Mudah-mudahan kegiatan yang dilakukannya dapat menjadi contoh serta memotivasi warga yang lainnya,”pungkasnya.(KPA)