​Banjir Kepung Aceh Tenggara

Share artikel ini

DETIKNEWS86.COM, KUTACANE

Bencana banjir melanda Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh, Kamis malam. Banjir dilaporkan merendam sejumlah kecamatan, Jum’at (18/8/2023)

Menurut laporan dari Pusdalops BPBD Aceh Tenggara, bencana banjir melanda Kecamatan Bambel, Lawe Sumur, Semadam, Bukit Tusam, dan Lawe Bulan.


Bencana banjir ini dipicu oleh curah hujan yang tinggi di Kabupaten Aceh Tenggara dan jebolnya tanggul sungai Kinga di Kecamatan Lawe Sumur. Akibatnya, air meluap ke badan jalan dan rumah-rumah warga.

Dampak material yang diakibatkan antara lain terendamnya rumah warga, akses jalan yang tidak bisa dilalui karena air tergenang, serta tersumbatnya Jembatan Gampong Kuta Buluh, jebolnya tanggul sungai Lawe Kinga di Gampong Buah Pala, dan jebolnya tanggul sungai Lawe Alas di Gampong Pedesi.


“Menurut pendataan petugas, dampak terhadap masyarakat mencakup 338 KK atau sekitar 1.352 jiwa yang terdampak banjir, namun tidak ada pengungsi maupun korban jiwa,” kata Ilyas, Kepala Pelaksana BPBA di Banda Aceh, Jumat (18/8/2023).

Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara telah mengambil langkah-langkah responsif dalam menghadapi situasi ini. Tim BPBD Kabupaten Aceh Tenggara telah dikerahkan ke lokasi kejadian untuk melakukan pendataan.


Selain itu, pihak berwenang juga telah melakukan monitoring dan memberikan himbauan prakiraan cuaca kepada masyarakat.

“Dalam upaya penanganan banjir, Pemkab Aceh Tenggara juga mengerahkan sebuah excavator juga diterjunkan ke lokasi untuk membantu dalam upaya penanganan banjir,” ujarnya.

“Saat ini, alhamdulillah, kondisi air sudah surut dan situasi mulai membaik.
Pemerintah terus berupaya melakukan kegiatan rutin, administrasi, dan pelaporan guna mengatasi dampak banjir serta memastikan keselamatan masyarakat,” pungkas Ilyas.

[ADY]