Banjir Rendam Lima Desa di Nagan Raya

Share artikel ini

DetikNews86.com~Sukamakmue | Hujan dengan intensitas tinggi melanda wilayah Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh dalam beberapa hari terkahir telah menyebabkan sejumlah desa di wilayah tersebut terendam banjir. Laporan dari Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyebutkan, banjir terjadi di lima desa di Kecamatan Seunagan Timur, dan Kecamatan Beutong. Banjir dilapokran terjadi pada Kamis (10/11/2022) malam.

Akibat hujan deras  dan adanya tumpukan sampah di pintu air Gampong Blang Bayu,mengakibatkan air Sungai Krueng Kulu meluap ke pemukiman penduduk sehingga lima desa  mengalami  banjir dengan ketinggian air di badan jalan ±30 – 50 Cm sekira pukul 19.30 WIB. Kamis (10/11/2022),” kata Ilyas, Kepala Pelaksana BPBA di Banda Aceh, Jumat (11/10/2022).

Ilyas mengatakan banjir ini melanda Kecamatan Seunagan Timur, dan Kecamatan Beutong dan berdampak pada 68 kepala keluarga yang terdiri dari 285 Jiwa. Ilyas menambahkan informasi terkakhir yang diterima Pusdalops BPBA menyebut air sudah mulai surut dan BPBD Nagan Raya telah melakukan pembersihan sumbatan sampah di pintu air, melakukan pendataan terhadap korban dampak banjir, melakukan koordinasi dengan instansi terkait. “Tidak ada korban jiwa dan pengungsi dalam kejadian ini,” ungkap Ilyas.

Adapun nama-nama gampong terdampak banjir yaitu di Kecamatan Seunagan Timur : Gampong Blang Bayu:26 KK/94 jiwa, Gampong  Krueng Kulu :20 KK/86 jiwa, Gampong Blang Preh : 6 KK/19 jiwa, Gampong Blang Ara Kede, dan Kecamatan  Beutong, Gampong Kuta Jeumpa : 16 KK/86 jiwa. [KPA]