Bersinar, Siswa MTsN 1 Pati Torehkan Prestasi Bergengsi

Share artikel ini

Pati – Jawa Tengah ,Detiknews86.com Baru-baru ini prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh MTsN 1 Pati. Dua tim risetnya berhasil lolos ke babak final Kompetisi Riset dan Inovasi Siswa Indonesia (KREASI) 2024.

Hasil pengumuman KREASI dirilis penyelenggara, yaitu ABAK Academy bekerjasama dengan Artificial Intelligence Center Indonesia serta Insan Madani Center pada 13 Oktober 2024 lalu.

Kedua tim yang lolos ke final masing-masing mengangkat tema menarik. Tim pertama, yang beranggotakan Islam Al Hamid dan Fachrial Tsany Naufal menyajikan penelitian dengan judul Analisis Dampak Penggunaan Sampah Plastik Terhadap Emisi Karbon dalam Produksi Beton : Perbandingan Beton Polystyrene (PP) dan Low Density Polyethylene (LDPE).

Sementara itu, Hafizh Yusuf Muhammad mengangkat judul Dakwah Kekinian Pentas Wayang Kulit Gen Z Dalang Cilik Ki Hafizh Siswa MTsN 1 Pati.

Di samping bidang riset, tim robotik MTsN 1 Pati juga berhasil meraih Bronze Medal Winner of Robotic (Creative Robotic) Competition Junior High School Level dalam ajang International Olympiad Quran, Science & Technology yang diselenggarakan oleh Muhammadiyah Branch, Kebayoran Baru. Mereka adalah Prudence Queisha Qurrota Ayunin, Abid Daffa Nur Aslam, Raffa Arzaqqul Huda, Khairunnawa Yusril Fatihin, dan Fico Valerill Azka. Adapun kategori lomba yang diikuti yaitu Creative Robot: Projects IoT Smart Garden.

Dengan torehan prestasi ini membuktikan bahwa siswa-siswi MTsN 1 Pati memiliki potensi yang besar tidak hanya di bidang akademik tetapi juga di bidang non akademik.

Koordinator Program Unggulan MTsN 1 Pati, Tommy Andriansyah mengungkapkan torehan prestasi ini merupakan hasil dari kerja keras dan dedikasi tinggi para siswanya sehingga mampu bersaing dengan siswa terbaik dari seluruh Indonesia.

Selain itu, Tommy menyebutkan bahwa torehan prestasi ini juga tidak terlepas dari dukungan dari madrasah dan kerja tim yang solid baik tim riset maupun robotik.

“Mereka ini memiliki potensi luar biasa di bidangnya masing-masing. Kami bersama tim dan tentunya juga dukungan dari madrasah berusaha untuk selalu mengarahkan serta membimbing agar potensi anak-anak dapat tersalurkan dengan optimal,” terangnya.

“Harapan terbesar kami agar budaya prestasi ini tetap ada, istiqomah, dan menjadi contoh untuk yang lainnya,” tandas Tommy.

Menanggapi kabar membanggakan ini, Kepala MTsN 1 Pati, Wahyu Hidayat mengapresiasi sekaligus mengucap rasa syukur.
“Alhamdulillah, luar biasa. Prestasi ini membuktikan bahwa siswa MTsN 1 Pati memiliki potensi yang sangat besar. Tentu kami akan terus mendukung dan memberikan fasilitas dengan harapan dapat menambah semangat mereka untuk berprestasi yang lebih baik lagi sekaligus memberi motivasi siswa yang lain untuk ikut berprestasi,” ujarnya.

“Terima kasih kepada anak-anak dan guru pembimbing atas usaha kerasnya serta wali siswa dan seluruh warga madrasah atas doa-doanya, semoga tetap istiqomah menjadikan MTsN 1 Pati Berkarakter, Kerren sebagai madrasah yang Maju, Bermutu, Mendunia dan mbarokahi,” pungkas Wahyu.

(humas_mtsn1pati)