BNN Batu Bara Press Release Akhir Tahun 2023. Program P4GN.

oleh
oleh
Share artikel ini

Batu Bara – detiknews86.com – Kepala Badan Narkotika Nasional ( BNN ) Kabupaten Batu Bara, Ir. Pinondang Poltak Marganda, M.Si, bersama dengan jajarannya melaksanakan press release akhir Tahun 2023 kepada sejumlah awak media. Kamis (21/12/2023) yang diselenggarakan di halaman Kantor BNN Batu Bara Sumatera Utara. Ir. Pinondang Poltak Marganda, M.Si menyampaikan bahwa sepanjang Tahun 2023 BNN Batu Bara telah melakukan program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) diantaranya adalah ungkap kasus sebanyak 12 kasus Narkotika dengan jumlah tersangka sebanyak 19 tersangka.

Dari hasil ungkap kasus yang dilakukan sepanjang tahun 2023 adalah sebanyak 163,62 Gram Narkotika Jenis Sabu dan sejumlah barang bukti non Narkotika lainnya.

Adapun kasus yang telah dinyatakan lengkap oleh Kejaksaan Negeri Batu Bara maka tersangka dan barang bukti telah diserahkan kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Batu Bara untuk proses hukum selanjutnya. Selain itu dari seksi Pemberantasan BNN Batu Bara bekerjasama dengan Polres Batu Bara, Kejaksaan Negeri Batu Bara dan Balai Pemasyarakatan Labuhan Ruku yang terbentuk dalam TAT (Tim Asesmen Terpadu) telah melaksanakan kegiatan Asesmen Terpadu dengan capaian sebanyak 189 orang.

Di Tahun 2023 ini, melalui Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) juga telah dibentuk Desa Bersinar (Bersih Narkoba) yang mencanangkan Desa Binjai Baru, Desa Sumber Tani dan Desa Suka Ramai sebagai Desa percontohan untuk program P4GN dengan melibatkan dukungan Pemerintah Tingkat Desa sampai Kabupaten.

Kemudian, BNN Batu Bara telah membentuk Remaja Teman Sebaya guna menangkal penyalahgunaan Narkoba dikalangan remaja. Remaja Teman Sebaya yang dibentuk berjumlah 100 pelajar terpilih yang berasal dari 10 Sekolah tingkap SMP & SMA Sederajat di wilayah Desa Bersinar.

BNN Batu Bara juga telah melaksanakan Tes Urine Narkoba kepada 250 pegawai pemerintah yang berasal dari sejumlah Instansi Vertikal dan OPD Pemerintah Kabupaten Batu Bara. Kepala BNN Batu Bara, ” Ir. Pinondang Poltak Marganda, M.Si ” juga menambahkan, telah melaksanakan Tes Urine Narkoba di Instansi Pendidikan sebanyak 150 siswa-siswi dari sejumlah SMA di wilayah Kabupaten Batu Bara.

Melalui kegiatan Seksi Rehabilitasi BNN Batu Bara selama tahun 2023 telah membentuk dan mengkoordinir 8 orang Agen Pemulihan (AP) melalui Program Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) di 2 Desa yakni Desa Binjai Baru dan Desa Sumber Tani Kecamatan Datuk Tanah Datar dengan jumlah klien 10 pecandu pemula yang berhasil pulih.

Lanjut, Seksi Rehabilitasi juga melaksanakan layanan Rawat Jalan di Klinik BNN Batu Bara yang berjumlah 20 orang klien secara gratis.

Kepala BNN Kabupaten Batu Bara menambahkan, telah dilaksanakan Rehabilitasi Extraordinary kepada 8 orang yang terjaring Razia dan telah melaksanakan pemeriksaan Narkotika sebanyak 200 orang pemohon Surat Keterangan Hasil Pemeriksaan Narkotika (SKHPN).

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BNN Batu Bara Ir. Pinondang Poltak Marganda, M.Si mengajak seluruh elemen masyarakat, pemerintah daerah dan stake holder terkait di Kab Batu Bara serta rekan-rekan Pers untuk ikut serta bersinergi mensukseskan program P4GN menuju Batu Bara Bersinar “Bersih Narkoba”, tutup Ka. BNN Poltak Marganda. (Staf07)