Bulan Muharram Dinas PUPR Kota Dumai Gelar Syukuran Dan Santunan Kepada Anak Yatim.

oleh
oleh
Share artikel ini

Bulan Muharram Dinas PUPR Kota Dumai Gelar Syukuran Dan Santunan Kepada Anak Yatim.

Dumai , detiknews86 com.

Tahun Baru Islam atau disebut juga 1 Muharram ini adalah peringatan penting bagi umat muslim untuk memperingati hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah.

Pada peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H / 2024 M,Kantor Dinas PUPR kota Dumai beserta jajaran PUPR mengadakan acara santunan kepada anak yatim piatu. bertempat di gedung PUPR Jl Perwira Bagan Besar kota Dumai, Jum’at (12/07/24). Pagi Pukul 08 Wib S/d selesai.

Santunan itu dikemas dengan pembukaaan
Pembacaan ayat suci Al-Quran oleh M. Noor dan selanjutnya kata Sambutan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Dumai Riau Satrya Alamsyah, ST., MT., yang akrab disapa Rio dalam pidatonya menyampaikan “mari kita gunakan momen Tahun Baru Islam 1 Muharram ini untuk hijrah menjadi manusia yang lebih baik lagi untuk kedepannya.

Kemudian Acara dilanjutkan dengan Tausiyah yang disampaikan oleh Ustad Dr. H. Syafrinaldi, SH., MH., MA. dengan Tema “Mari Teguhkan Akhlak Mulia yang Bersumber Dari Al-Quran dan As-Sunnah dalam Kehidupan Sehari-hari.
Dan pada peringatan 1 Muharram tersebut dirinya mengajak sesama muslim untuk memperkuat keimanannya kepada Allah SWT. Karena dalam 12 bulan ada 4 bulan yang dimuliakan oleh Allah, barangsiapa yang beramal pada bulan ini maka pahala kita akan dilipat gandakan oleh Allah SWT, janganlah kita mempunyai sifat seperti iblis dengan cara membanggakan apa yang kita miliki, iblis terusir dari surga karena sombong,” terangnya.

Dalam kegiatan acara santunan anak yatim tersebut turut hadir walikota kota Dumai H. Paisal , SKM.MARS. yang diwakili oleh Sekda kota Dumai H.Indra Gunawan S.IP.M.IP. , Ustad Dr. H. Syafrinaldi, SH., MH., MA. , Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Kota Dumai Muhammad Zakir, S.IP., M.IP. , Pejabat Dinas Pekerjaan Umum Kota Dumai , TKPK dan Ibu Darma Wanita Dinas Pekerjaan Umum Kota Dumai , Lurah Bagan Besar Selamat Riyadi serta jajaran dan staf Dinas P.U kota Dumai.

Riau Satrya Alamsyah, ST. saat ditemui usai acara diruang kerjanya mengatakan kegiatan ini adalah sebagai wujud kepedulian dan kasih sayang kita kepada sesama, khususnya kepada mereka yang membutuhkan dan sekaligus Dalam rangka menyemarakkan bulan Muharam kita berbagi antara sesama dengan cara menyantuni anak yatim dan Anak yatim yang kita undang saat ini adalah anak yatim yang berada dekat disekitar kantor kita namun berdasarkan data dari Lurah , terangnya. sebelumnya dibulan maret kegiatan seperti ini juga telah kita lakukan yakni dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan dan kita harapkan semoga kedepannya kegiatan ini bisa terus dilakukan dan kedepannya mungkin kita akan turun langsung ke lapangan dengan cara datang langsung ke rumah anak yatim piatu untuk memberikan santunan atau langsung datang kepanti asuhan , ungkapnya.

Lebih lanjut Rio mengatakan, Bulan Muharam ini memiliki sejumlah arti dan keutamaan sehingga umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan. Tak ketinggalan Kantor Dinas PUPR kota Dumai juga ikut memperbanyak amalan tersebut dengan berbagi santunan kepada yatim , pungkasnya.

Acara ditutup dengan doa bersama kemudian persembahan dari Kelompok Rebana Muslimah Simpang Kompi . diakhir acara Sekda Kota Dumai didampingi Kepala Dinas PU memberikan santunan kepada anak yatim secara simbolis berupa uang dan sembako .

pewarta: AHS