Bupati Bangka Serahkan Bantuan Berupa 5 unit Perahu Motor Untuk Kelompok Nelayan di Kabupaten Bangka.

Share artikel ini

BANGKA,DETIKNEWS86.COM–

Bupati Bangka menyerahkan 5 unit Perahu Motor lengkap dengan peralatannya diberikan kepada kelompok nelayan yang ada di Kabupaten Bangka. Dana yang digunakan untuk membeli ke 5 unit perahu motor tersebut berasal dari dana DAK 2021 dengan besaran nilainya Rp 441.000.000 juta, Senin (22/11)

Hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Bangka, Mulkan SH, MH, Kapolres Bangka, AKBP Widi Haryawan, S.I.K, Perwira Penghubung (Pabung) Kodim Bangka, Letkol Karo-karo, Pimpinan Bank Sumsel Babel beserta wakilnya, Kepala Dinas Kelautan Perikanan, Perwakilan Kepala OPD Pemkab Bangka, Kabid dan Kasi beserta Staf Dinas Kelautan Perikanan, tak lupa para nelayan penerima bantuan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kelautan Perikanan Kabupaten Bangka, Saparudin kepada media saat acara penyerahan bantuan tersebut.

Dikatakannya, bahwa Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka pada tahun 2021 ini memberikan bantuan kepada para nelayan yang ada di Kabupaten Bangka. Berupa 5 unit Perahu motor lengkap dengan peralatannya, menggunakan dana alokasi khusus (DAK) tahun 2021.

“Perahu ini diserahkan kepada kelompok nelayan bersama untuk dipergunakan menangkap ikan. Tidak boleh dialihfungsikan khusus untuk menangkap ikan. Apalagi untuk aktivitas lainnya seperti penambangan timah dan lain sebagainya,” Terang Saparudin.

Sementara itu, Bupati Bangka Mulkan, SH, MH dalam sambutannya saat membuka acara penyerahan bantuan tersebut mengatakan pada hari ini dirinya menyerahkan bantuan 5 unit Perahu motor kepada para kelompok nelayan bersama yang ada di dua Kecamatan yakni Desa Kotawaringin, Kecamatan Puding Besar, dan Desa Deniang Kecamatan Riausilip.

“Inilah sesuai dengan apa yang saya sampaikan tadi mengenai visi dan misi Bangka Setara memulihkan perekonomian masyarakat yang berdaya saing. Dan tujuan kami dari pemerintah daerah untuk nelayan yang belum memiliki alat tangkap ikan ini akan menjadi suatu hambatan. Makanya kami dari pemerintah daerah hampir setiap tahun menganggarkan dana dari DAK kepada pemerintah pusat agar masyarakat nelayan dapat terbantu dengan sarana dan prasarana seperti pada hari ini kita berikan,” Jelas Mulkan.

Ia menambahkan, bahwa ini merupakan upaya dari pemerintah daerah untuk meningkatkan pendapatan dan perekonomian masyarakat yang berdaya saing. Dan tujuan kami dari pemerintah daerah untuk nelayan yang belum memiliki alat tangkap ikan ini akan menjadi suatu hambatan. Makanya kami dari pemerintah daerah hampir setiap tahun menganggarkan dana dari DAK kepada pemerintah pusat agar masyarakat nelayan dapat terbantu dengan sarana dan prasarana seperti pada hari ini kita berikan,” Jelas Mulkan.

Ia menambahkan, bahwa ini merupakan upaya dari pemerintah daerah untuk meningkatkan pendapatan dan perekonomian masyarakat yang yang ada di Kabupaten Bangka khususnya bagi para nelayan yang tersebar di Kabupaten Bangka.

“Dengan adanya bantuan ini diharapkan adanya peningkatan sarana dalam meningkatkan pendapatan hasil tangkapan ikan bagi para nelayan sehingga untuk konsumsi ikan bagi masyarakat kita saat ini dan kedepannya tiadak mengalami kendala,” Kata Bupati Bangka.

(Red/BaBel)

Tinggalkan Balasan