Bupati Nias Serahkan Bantuan Mesin Perahu Kepada Nelayan dari Program CSR PT. Bank Sumut

Bupati Nias Serahkan Bantuan Mesin Perahu Kepada Nelayan dari Program CSR PT. Bank Sumut

Share artikel ini

DetikNews86.Com – Nias,- Bupati Nias, Yaatulo Gulo, SE, SH, M,Si. hadiri Kegiatan Penyerahan Bantuan Mesin Perahu Kepada Nelayan Kabupaten Nias di Gedung Sanggar Seni Budaya Desa Bozihona Kecamatan Idanogawo, yang merupakan Program CSR PT. BANK SUMUT Tahun 2021. Rabu  (12/1/2022 )

Melalui Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Nias, Sekda Kab. Nias, Pimpinan Divisi Ritel  PT.  Bank Sumut, Ketua Tim Program CSR Bank Sumut, Unsur Forkompida, Pimpinan OPD, Kepala BPKPAD, Staf Ahli Bupati, Kadis Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan, Camat, Kepala Desa, dan Para Nelayan.

Diawali dengan Laporan Ketua Panitia Kegiatan Program CSR BANK SUMUT oleh  Kadis Ketahanan pangan, pertanian dan perikanan. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Direksi PT. Bank Sumut yang diwakili oleh Pimpinan Divisi Ritel, Syafrizalsyah.

“Dengan tujuan Program CSR ini adalah untuk mensejahterakan para Nelayan, hasil produksi meningkat, nelayan lebih produktif, mandiri dan pendapatan meningkat. Data yg diperoleh Bank Sumut pada tahun 2021, laba lebih meningkat dari tahun sebelumnya dan itu semua karena dukungan Pemkab Nias, kami memohon dukungan supaya program CSR ini dapat berjalan dengan baik”,

Anggaran kegiatan ini bersumber dari dana CSR PT. Bank Sumut tahun buku 2021, sebesar Rp.269.623.306. ( Dua ratus enam puluh sembilan juta enam ratus dua puluh tiga ribu tiga ratus enam rupiah ) ungkapan Syafrizal.

Dalam sambutannya, Bupati Nias menyampaikan bahwa Program CSR ini merupakan kerjasama Pemkab Nias dan Bank Sumut, dan selalu dianggarkan setiap tahun.

“Program CSR dialokasikan untuk nelayan produktif tahun 2021 dimana usaha nelayan merupakan sektor ekonomi dan sebagian besar warga di pesisir adalah nelayan yang bergantung pada hasil laut”, kata Bupati Nias.

Lanjut Bupati Nias, taraf hidup warga yang memiliki mata pencaharian sebagai nelayan masih tergolong rendah, maka dari itu perlengkapan perikanan perlu diperhatikan agar kelangsungan usaha nelayan lebih membaik.

“Kita harus memberdayakan masyarakat dalam kegiatan nelayan yang merupakan wujud visi misi Bupati Nias yaitu : petani, peternak, dan nelayan produktif yang mampu meningkatkan hasil produksi untuk kesejahteraan nelayan itu sendiri,”

Mengakhiri sambutannya, Bupati Nias berharap agar bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan tetap produktif. Semoga Bank Sumut memberikan bantuan lebih melalui CSR pada tahun 2022 ini. Terima kasih kepada seluruh  jajaran Pemkab Nias yang telah terlibat dalam kegiatan ini, dan juga kepada Pimpinan Cabang Bank Sumut baik dari pusat maupun Cabang Gunungsitoli. Mudah-mudahan Program CSR ini menjadi berkah kepada nelayan di Kabupaten Nias, Tutup Bupati Nias.

Dari pantauan Awak media, Penerimaan manfaat program CSR PT. Bank Sumut. Khusus masyarakat Nelayan Kabupaten Nias, sebanyak 60 orang  dengan kriteria sebagai berikut :

– Nelayan aktif dan telah bergabung dalam RUB

– Memiliki identitas kartu pelaku usaha  perikanan ( kartu kusuka ) atau berprofesi sebagai nelayan dalam KTP.

-Memiliki perahu yang memadai atau
-Memiliki perahu motor dengan kondisi  mesin rusak atau tidak layak operasi.
Melalui penyerahan bantuan tersebut selalu mematuhi Protokel kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19.

( E TBA )