Bupati Samosir Resmikan Pasar Rakyat di Onan Runggu

Bupati Samosir Resmikan Pasar Rakyat di Onan Runggu

Share artikel ini

Samosir sumut-detiknews86.com-

Bupati Samosir, Vandiko Timotius Gultom bersama Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Martin Manurung meresmikan pasar Onan Runggu di Desa Onan Runggu-Kecamatan Onan Runggu, 01/03.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Samosir bersama Wakil Ketua Komisi VI DPR RI. “Saya selaku Bupati Samosir bersama Wakil ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung dan atas nama segenap masyarakat, Pasar Onan Runggu saya nyatakan resmi dibuka” kata Bupati dengan menggunting pita. Selanjutnya dilakukan secara simbolis penyerahan kunci kepada 3 pemilik kios oleh Bupati, Wakil Ketua Komisi VI DPR RI dan Wakil ketua DPRD Samosir Pantas M. Sinaga.

Turut Hadir, Asisten II Hotraja Sitanggang, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, Kadis Nakerkoperindag Rista Sitanggang, Kadis Perhubungan Laspayer Sipayung, Kadis Ketapang dan Pertanian Tumiur Gultom, Ketua DPD Nasdem Kabupaten Samosir, Sarhocel Tamba dan masyarakat Desa Onan Runggu, Anggota DPRD Samosir Magdalena Sitinjak.

Pasar rakyat Onan Runggu dibangun pada tahun 2022 dengan biaya 3,7 M melalui sinergitas Pemkab Samosir dengan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perdagangan RI.

Bupati Samosir, Vandiko Gultom berharap masyarakat dapat menjaga dan memanfaatkan pasar dengan baik. Menekankan agar pengelolaan pasar disegerakan dengan mempertimbangkan permintaan pemilik lahan.
“Pasar rakyat ini tidak kalah dengan yang dikota. Saya rasa pasar ini yang terbaik” Ucap Vandiko.

Selain sebagai tempat jual-beli Bupati Samosir menginginkan pasar rakyat dapat meningkatkan peradaban masyarakat Onan Runggu. Dalam pengelolaan, Vandiko meminta pengelola mengutamakan masyarakat lokal, jangan sampai dikuasai dari luar masyarakat Onan Runggu, “Jaga kebersihan agar tidak kumuh. Camat dan kades kelola dengan baik” tegas Bupati.

Pasar Onan Runggu diharapkan buka setiap hari dan segera diaktifkan, jangan sampai bangunan ini disia-siakan, selamat menggunakan semoga dapat mensejahterakan masyarakat terutama pedagang” tutup Vandiko.

Bupati Samosir berterima kasih kepada Martin Manurung atas segala upaya yang begitu banyak, memberikan perhatian sampai milyaran bantuan. Diakui dengan segala komunikasi yang tetap berjalan baik, Martin Manurung sudah banyak membantu .”luar biasa daya jelajah Martin Manurung demi masyarakat Samosir. Semoga bantuan tidak sampai disini dan terus berlanjut” kata Vandiko.

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Martin Manurung menyampaikan masyarakat harus bangga kepada Bupati Samosir sebagai putra daerah yang terus berjuang untuk kebutuhan rakyat. Martin Manurung mengaku senang ke Samosir karena seluruh programnya sukses. Lebih lanjut Martin mengakui lokasi pasar Onan Runggu paling hebat berada di tepi pantai, dan berpeluang sebagai pasar rakyat wisata. Dituturkan, secara bertahap akan tetap memberikan perhatian, melakukan pembenahan. Dengan modal dasar lokasi yang bagus, bila dikelola dengan baik dan bersih, pasar rakyat ini diharapkan menjadi pasar percontohan minimal di Kawasan Danau Toba.

“Kita rawatlah pasar ini, betul-betul untuk masyarakat Onan Runggu. Untuk itu masyarakat dan pemerintah berusahalah membuat pasar ini baik dan bagus. Yg paling penting ini adalah milik masyarakat, jadi Masyarakat juga harus mau merawat miliknya” ajak Martin kepada warga.

Ditambahkan bahwa pasar rakyat Onan Runggu akan dibangun sistim Qris, dengan sistim ini pembukuan lebih baik, dan lebih mudah menambah akses modal melalui perbankan bagi pedagang.

Atas aspirasinya Martin Manurung juga memberikan bantuan kepada kelompok tani situa-tua berupa pengembangan kampung bawang seluas 2 ha, kampung buah alpukat untuk kelompok tani Satahi II seluas 10 ha dan pengembangan kampung bawang kelompok tani dame desa Huta Hotang seluas 1 ha.

(SH)