Dalam Rangka Bersih Desa Blambamgan Tahun 2024. Pemdes Bersama Masyarakat adakan Kirap Budaya.

oleh
oleh
Share artikel ini


Banyuwangi – detiknews86.com
—————–
Bersih Desa merupakan slametan atau upacara adat Jawa untuk memberikan sesaji kepada danyang desa. Sesaji berasal dari kewajiban setiap keluarga untuk menyumbangkan makanan. Bersih desa dilakukan oleh masyarakat dusun/desa untuk membersihkan desa dari roh-roh jahat yang mengganggu.

Bersih desa di Desa Blambangan Kecamatan Muncar sekaligus mengadakan Kirab Budaya yang diikuti oleh warga RT/RW di wilayah Desa Blambangan dan diikuti oleh 30 Peserta.

Tidak hanya muda mudi warga blambangan, hingga lansia pun turut andil dalam serangkaian acara Kirab budaya yang dilaksanakan pada Minggu 14-07-2024.
Setiap peserta menampilkan budaya dan seni ciri khas RT/RW/dusun mereka dengan pakaian adat.
Misalnya : ada yang menampilkan Jatilan/Jaranan, Reog, Hadroh, Pencak Silat, Tari dan berbagai pertunjukan menarik lainya.

Kirab Budaya Desa Blambangan semakin meriah dengan diiringi Sound sistem. Meski acara dimulai saat matahari tepat diatas kepala tak menyurutkan antusia dan semangat warga Desa Blambangan.

Pemerintah Desa dan Panitia menyediakan hadiah bagi pemenang Kirab. Hadiah cukup besar yang berupa dana pembangunan di Dusun mereka. yang nantinya menjadi pemenang dalam acara Kirab Budaya tersebut. Diharapkan dengan adanya Kirab Budaya tersebut dapat menjadikan Desa Blambangan .

Panitia Kirab Desa Blambangan dengan adanya Bersih Desa dan kirab budaya ini nantinya dapat dilestarikan budaya ini kepada generasi mendatangan serta anak cucu kita.
Dan ikon keunggulan Desa Blambangan Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi.

( Ip.Totok Suharto )