Desa Wisata Pancasila Kembangkan Agrowisata Buah.

Desa Wisata Pancasila Kembangkan Agrowisata Buah.

Share artikel ini

Pati Jateng.||detiknews86.ComBerbekal lahan kebun buah seluas 20 hektare berstatus milik pribadi masyarakat, kelompok tani di Desa Jrahi, kecamatan Gunungwungkal bermaksud mengembangkan Agrowisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.jum,at 18-2-2022.

Terletak di lereng Gunung Muria, Desa Jrahi memang memiliki pesona alam yang indah. Bukit Gili Malang menjadi ikon panorama alam Desa yang bergelar Desa Wisata Pancasila ini.

Baru-baru ini, masyarakat setempat yang tergabung dalam kelompok tani dan pengelola desa wisata mengungkapkan gagasan membuat Agrowisata. Hal ini sekaligus untuk menguatkan eksistensi Jrahi sebagai desa wisata. Harapannya, wisatawan yang berkunjung ke Jrahi tidak hanya menikmati keindahan alam dan kerukunan warga ditengah keberagaman agama yang ada. Namun juga bisa menikmati agrowisata  kebun buah.

Berjalan menyusuri kebun yang luas dengan aneka buah di  dalamnya ditemani pemandangan bukit yang mempesona dan sejuknya udara tentu menjadi pengalaman yang sangat berkesan.

Tanaman yang ada terdiri dari alpukat, kelengkeng, dan jambu citra yang jumlahnya mencapai ratusan pohon. Menurut Ketua Deswita setempat, di seluruh wilayah Desa Jrahi jumlah pohon alpukat dan jambu citra bahkan sudah mencapai ribuan pohon.

Selama ini lahan kebun buah tersebut dikelola swadaya oleh masing-masing pemilik untuk dijual hasil panennya. Jambu citra dan alpukat  masuk ke pasar Jakarta, sedangkan kelengkeng masuk ke pasar lokal Gunungwungkal.

Tak hanya itu.
Ada juga  kebun buah dengan 1000 pohon durian berbagai varietas unggulan di dalamnya. Diantaranya durian bawor, montong, musang king, dan duri hitam. Semuanya siap memanjakan pengunjung terutama para pecinta durian.

Edy Kristiyono, salah satu petani buah Jrahi yakin durian-durian varietas unggul tersebut akan banyak diburu oleh masyarakat lokal maupun luar daerah.
Pasalnya, saat panen perdana durian bulan Januari tahun ini, pemilik kebun kuwalahan memenuhi permintaan durian dari peminat lokal. Hal ini tidak mengherankan, mengingat buah durian yang dihasilkan adalah kualitas terbaik dg daging tebal dan rasa mantap.

Pemerintah Desa Jrahi pun mendukung penuh langkah-langkah pengembangan Desa Wisata Jrahi termasuk gagasan pembangunan Agrowisata. Pihaknya tidak sendiri. Dukungan dari berbagai pihak sudah dikantongi. Salah satunya dari Yayasan Desa Wisata Nusantara (Dewisnu) Kabupaten Pati.

“Ucapan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Dewisnu Kabupaten Pati yg sudah ikut aktif mempromosikan Desa Wisata Pancasila Jrahi. Saya siap bersinergi bersama Dewisnu Pati untuk memajukan dan membesarkan wisata di Kabupaten Pati secara khususnya”, ungkap Miko Adi Setiawan, Kepala Desa Jrahi kepada awak media.

“Harapan saya semoga apa yg kita usahakan saat ini menjadi kenyataan di kemudian hari. Kuncinya selalu semangat, jaga komitmen dan selalu konsisten”, tandasnya.

(Yanti)