Di Duga Proyek Drainase Pesawahan Di Desa Mulyajaya Depak Undan-Undang KIP Ditambah Pengerjaanya Asal-Asalan

Share artikel ini

Karawang(JABAR)Detiknews86.com-

Pemerintah melalui Kementerian Pertanian terus melakukan upaya antisipasi untuk menghadapi perubahan iklim terutama musim kemarau dan kekeringan salah satunya dengan membangun U Ditch/saluran selokan di Desa Mulyajaya kecamatan Kutawaluya titik pertama di Cibanteng dua Rt/Rw:07/02,titik dua di Kadus tiga:Rt/Rw:08,09,/03,panjang keseluruhan enam ratus meter lebarnya,30,cm kali panjang 312 meter.sabtu/27/11/2021.

Pengerjaan U Ditch/saluran selokan rupanya pihak pemborong proyek di duga telah sengaja tidak memasang papan informasi proyek dan juga pengerjaanya sangat Amburadol ini jelas sangat menyimpang dari perencanaan dengan anjuran pemerintah.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ( PUPR )kabupaten Karawang dengan adanya pemberitaan ini segera cross cek karena hasil pantauan media dan sumber dari KADES Mulyajaya Endang macan kumbang serta para petani yang berdekatan dengan proyek tersebut sangat geram akan pembangunan proyek U Ditch/saluran selokan yang pekerjaannya Amburadool.

Padahal dalam Undang-Undang keterbukaan informasi publik ( KIP )mengatakan dimana mengatur setiap pekerjaan pembangunan fisik yang dibiayai oleh Negara wajib memasang papan nama Proyek yang memuat jenis kegiatan lokasi proyek, nomor kontak waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu lama pekerjaan Hak setiap orang untuk memperoleh informasi.

Undang-Undang 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik menegaskan sebagai mana dalam pasal 28 F-Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang menyebutkan bahwa setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi.

“Saya sudah sering menegur sama mandor proyek Ritno baik dari pekerjaannya yang benar-benar Amburadul juga kenapa enggak dikasih papan informasi proyeknya tpi gk d gubris teguran saya bahkan diabaykan dan cenderung menghindar dari saya”ungkap Kades Mulyajaya Endang macan kumbang.

(Joko/team)