Diduga Tidak Sesuai Spesifikasi Teknis, Peningkatan Jalan Lingkungan di Kampung Kalendrowak Poncol Hasilnya 10 Centimeter 

oleh
oleh
Share artikel ini

 

Kabupaten Bekasi // Detiknews86.com- Peningkatan Jalan Lingkungan di Kampung Kalendrowak Poncol RT 002/05, Desa Karangsari, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, yang didanai dari anggaran APBD TA 2024, diduga tidak sesuai dengan spesifikasi teknis, Kamis (8/8/2024).

 

Temuan ini terungkap setelah dilakukan pengukuran terhadap coran beton yang sudah selesai dikerjakan. Hasil pengukuran sisi kanan dan kiri menunjukkan ketebalan beton hanya 10 cm,Dan terlihat kegiatan sudah dilakukan pengambilan sampel core drill.

N. Rudiansah, Ketua DPD LSM PRABHU Indonesia Jaya, menyatakan keprihatinannya saat menyambangi lokasi kegiatan tersebut. Menurutnya, pekerjaan yang tidak sesuai dengan spesifikasi ini dapat berdampak pada kualitas dan daya tahan jalan, serta menimbulkan kerugian bagi masyarakat.

 

“Kami menemukan bahwa ketebalan coran beton hanya 10 cm, padahal seharusnya 15 Cm sesuai spesifikasi dan RAB yang ditetapkan Dinas perumahan rakyat kawasan pemukiman pertanahan Kabupaten Bekasi,” ujar Rudiansah.

 

Rudiansah juga menambahkan bahwa pihaknya akan terus memantau dan bersurat ke DISPERKIMTAN Kabupaten Bekasi. Dia berharap agar Dinas terkait lebih tegas dalam mengawasi pelaksanaan proyek-proyek pembangunan terutama kepada Pengawas dan Konsultan, agar sesuai dengan perencanaan dan spesifikasi teknis yang telah ditetapkan, ujarnya.

 

“Kami mendesak dinas terkait untuk segera mengambil tindakan terhadap temuan ini dan memastikan bahwa proyek-proyek pembangunan di Kabupaten Bekasi dilaksanakan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Ini penting untuk menjaga kualitas infrastruktur dan mencegah kerugian yang lebih besar di masa depan,” pungkasnya.

 

  1. Red