Dipapan informasi : Terlihat jelas Proyek Pembangunan Gedung  SMP Afore Susua. Yang di Bangun SMA di Desa Fondako Raya.

Share artikel ini

Nias Selatan (Sumut)

DetikNews86.com – Sabtu (04/02/2023). Kabanjahe Sejumlah Siswa/I SMP swasta Afore Susua Kecamatan, Ulususua, Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara

Mereka mengatakan melalui tulisan di poster .Kami kecewa kepada Dinda Ariska/Konsulat Jepang di medan. Sebabnya bantuan pembangunan gedung sekolah SMP swasta Afore Susua, tidak kunjung dibangun karena sudah di pindahkan ke SMA Swasta Desa Fondako Raya, tanpa mufakat bersama dengan masyarakat, padahal di desa Fondako Raya tidak ada SMP, bantuan itu ada karena kami.
Ucap siswa/I dari Desa orudua sibohou, tersebut.

Ketika awak media melakukan konfirmasi kepada salah seorang guru juga yang sudah pernah  datang ke kantor konsulat Jepang di medan, Disman La’ia juga Sebagai tokoh pendidikan di Desa Orudua Sibohou, melalui Telfon genggam nya dengan jelas mengatakan. Pemerintah Jepang memutuskan untuk memberikan dana hibah senilai Rp1,181 miliar melalui program Grant Assistance for Grass-Roots Human Security Projects untuk pembangunan gedung sekolah SMP Swasta Afore Susua tepatnya Desa Orudua Sibohou. Bukan untuk pembangunan Gedung SMA Swasta di Desa  Fondako Raya, Kecamatan Ulususua, Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara,
Penandatanganan kontrak bantuan hibah Grassroots Pemerintah Jepang dengan SMP Swasta Afore Susua di Kabupaten Nias Selatan itu berlangsung di Kantor Konsulat Jenderal Jepang di Medan Kamis (20/10/2022) yang lalu.

Acara tersebut dihadiri  Ketua Yayasan SMP Swasta Afore Susua, Sokhifaudu Giawa dan Konsul Jenderal Jepang Takonai  Susumu, di Medan

SMP Swasta Afore Susua yang akan melaksanakan proyek pembangunan gedung sekolah merupakan satu-satunya Sekolah Menengah Pertama di Desa Orudua Sibohou, Kecamatan Ulususua, Kabupaten Nias Selatan Provinsi Sumatera Utara.

Disman : Di duga Ketua Yayasan tersebut membohongin masyarat khususnya Desa orudua sibohou. Kerena di Pelank Proyek Pembangunan Gedung SMP swasta Afore Susuau, ternyata Gedung SMA yang dia kerjakan, Sebab di Desa Fondako Raya, sama sekali belum ada SMP. Apakah ini bisa di benarkan oleh Pemerintah Kabupaten Nias Selatan Provinsi Sumatera Utara.? Jumat. (04/02/2023)

Ketika di konfirmasi. Dinda Ariska/atau Konsulat Jepang mengatakan: Ketua yayasan sudah bilang sudah kordinasi dan tidak ada masalah kalau pun pindah. Makanya pak telp aja ybs ttg alasan nya. Kita udh tanya jawab loh kmrin ada surat pernyataan dr beliau.
Dia yg menyatakan dia yg membuat dokumen dsb. Ujarnya;

(Melaporkan Reporter Sumatera Utara)