Erzaldi Optimis,Bangka Belitung siap jadi Destinasi Kapal Pesiar Terkemuka di Asia Pasific

oleh
oleh
Share artikel ini

Detiknews86.com – PANGKALPINANG
Bangka Belitung dengan panorama keindahan sektor pariwisatanya yang menakjubkan, kerap sekali menjadi perbincangan para wisatawan dari seluruh dunia.

Namun, dalam menghadapi era globalisasi, industri pariwisata Bangka Belitung perlu terus berinovasi, salah satunya meng-upgrade sarana dan prasarana agar semakin memikat para wisatawan untuk dapat hadir.

Salah satu potensi untuk dapat memunculkan destinasi pariwisata baru yakni dengan pembangunan sarana dan prasarana Pelabuhan/Dermaga Kapal Pesiar Mancanegara.

“Pulau Bangka Belitung menawarkan kombinasi yang unik tentang keindahan alam yang dimilikinya. Pantai-pantai berpasir putih, terumbu karang yang indah dan tempat-tempat bersejarah menjadi daya tarik utama bagi wisatawan kapal pesiar yang mencari pengalaman yang eksotis dan memikat,” ucap Erzaldi Rosman Djohan, Gubernur Babel 2017-2022.

Hal serupa juga diutarakan Direktur Lalu Lintas Angkatan Laut pada tahun 2015-201 Dr. Wahyu Widayat, M.M.

Menurut pria yang memiliki segudang pengalaman sebagai kepala pelabuhan itu, Bangka Belitung memiliki peluang begitu potensial apabila didirikan pelabuhan kapal pesiar.

“Kita lihat potensinya kemudian baru di evaluasi kebutuhan besaran kapal, lalu design Dermaga sesuai panjang kapal dan kebutuhannya yang terkonsep dalam MasterPlan. Cari lokasi yang tepat terkait kedalaman dan keseimbangan akses darat dan laut, serta terlindung. Breakwater(Pemecah Gelombang) juga dibangun bila diperlukan,” papar mantan Kepala Pelabuhan di lima daerah itu, melalui sambungan telepon, Senin (25/10/2024).

Dengan komitmen yang kuat dari semua pihak terkait, lanjut dia, bukan tidak mungkin Bangka Belitung memiliki peluang untuk menjadi Destinasi kapal pesiar terkemuka di Asia Pasific.

“Hal ini akan membawa manfaat Ekonomi yang besar bagi Bangka Belitung serta memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi Para Wisatawan dari seluruh dunia,” tutupnya.

(T-APPI)