Forpimda Banyuwangi Bahas Rakor Operasi Ketupat Semeru, untuk Arus Mudik Aman dan Berkesan

Share artikel ini

Banyuwangi, detiknews86.com Forpimda Banyuwangi menggelar rapat koordinasi Operasi Ketupat Semeru menyambut arus mudik 2024. Rakor berlangsung di Rupatama Wirapratma Polresta Banyuwangi, Selasa (2/4). 

Dalam Rakor itu hadir Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono; Kepala Pengadilan Negeri Banyuwangi, I Gede Yuliartha; perwakilan Kodim 0825 dan Lanal Banyuwangi; serta seluruh Kapolsek se Banyuwangi.  

Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono mengatakan pengamanan Operasi Ketupat akan mengedepankan tindakan preemptif dan preventif yang didukung oleh penegakan hukum secara persuasif serta humanis.

Operasi ketupat, nantinya disiagakan 445 personel gabungan dari TNI, Polri, dan Pemkab Banyuwangi. stakeholder terkait lainnya. Obyek pengamanan sebanyak 109 objek, yang terdiri dari 36 tempat wisata, 6 terminal, 8 stasiun, 3 pelabuhan, 1 bandara, 47 masjid, dan 8 pusat perbelanjaan.

Selain itu disiapkan 10 pos pengamanan yang tersebar di sejumlah titik strategis Banyuwangi. Terdiri atas 7 Pos Pengamanan (Pos Pam), 2 Pos Pelayanan (Pos Yan) dan 1 Pos Terpadu.

“Kami juga mengimbau kepada seluruh Kapolsek untuk meningkatkan pengamanan di wilayah mengingat akan banyak rumah yang ditinggal masyarakat selama libur Lebaran, agar tetap terjaga keamannya,” pesan Kapolresta.

Sementara Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, mengatakan selain menjadi daerah tujuan mudik, Banyuwangi juga menjadi jujugan wisata selama momen Idul Fitri. Setiap libur lebaran ribuan orang datang ke berbagai destinasi wisata di Banyuwangi. 

“Banyuwangi merupakan salah satu daerah tujuan mudik dan wisata. Maka dari itu mari kita sama-sama menciptakan suasana mudik yang aman dan menyenangkan,” ujar Ipuk.

Ipuk meminta kepada para aparat yang bertugas tak segan membantu masyarakat khususnya para pemudik, yang membutuhkan pertolongan. Hal ini penting untuk mewujudkan arus mudik dan balik yang aman dan berkesan.

“Kalau ada yang membutuhkan pertolongan tolong dibantu dengan ramah. Utamakan penindakan secara persuasif. Karena lebaran adalah nuansa suka cita. Kami mengapresiasi kesiapan matang Polri dan TNI dalam pengamanan lebaran. Semoga Banyuwangi selalu dalam kondisi aman dan nyaman,” tambah Ipuk. 

(Willy/Humas)