Hujan Deras Akibatkan Sungai Babakan Meluap Rendam 4 Desa di Wilayah Ketanggungan

Share artikel ini
Foto tangkap layar Tim
Relawan SAR FKAM meninjau banjir di Kecamatan Ketanggungan (diedit InShot)

Brebes, DetikNews86.com – Hujan deras menyebabkan sungai Babakan meluap yang mengakibatkan banjir melanda 4 desa di wilayah Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes pada Kamis (4/1/2024) malam.

Banjir yang melanda empat desa diantaranya Desa Padakaton, Dukuhturi, Karangmalang, dan Ketanggungan. Banjir juga merendam ruas badan jalan nasional yang menghubungkan Ketanggungan-Pejagan.

Terlihat dalam video yang diunggah tim relawan SAR FKAM dalam akun Facebook resminya, banjir yang merendam Desa Karangmalang mencapai sedada orang dewasa.

“Kami dari relawan SAR FKAM bersama BPBD Kabupaten Brebes, saat ini sedang memantau kondisi lokasi banjir di Desa Karangmalang RT 3 RW 2, Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes,” ujarnya dalam video yang diunggah di Facebook.

Ia juga mengatakan, bahwa ketinggian air saat memantau dilokasi kurang lebih mencapai 130 sentimeter.

“Dan saat ini kondisi air kita lihat bersama sampai sedada orang dewasa kurang lebih hampir 122,123 hingga 130 sentimeter,” ucapnya.

Dalam video yang diunggah di Facebook oleh akun Anggit Setyo pasca banjir pada Jumat (5/1/2023), petani dan pecinta bibit Bunga Bougenville banyak yang hanyut.

“Sing sabar bae mang Raun (Yang sabar saja mang Raun), petani dan pecinta Bougenville Brebes khususnya Ketanggungan, bibit Bunga Bougenville-nya banyak yang hanyut kebawa banjir tersisa beberapa aja,” tulisnya dalam keterangan videonya.

(dms)