Kampung Muara Pecah Di Landa Penyakit DBD 1 Anak Meninggal Dunia

oleh
oleh
Share artikel ini

Bekasi : //detiknews86.com/ – Sejumlah Warga Kampung Muara Pecah RT 01 RW 04 Desa Pantai bahagia Kecamatan Muaragembong Kabupaten Bekasi Jawa Barat, saat ini dilanda masalah serius akibat penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) Jumat (12/7/24).

Situasi tersebut, telah menyebabkan dari 10 Anak salah satu meninggal diduga akibat serangan nyamuk  Aedes Aegypti di kalangan warga setempat dan menimbulkan kritik terhadap ketersediaan fasilitas kesehatan yang memadai.

Ketua Rukun Tetangga (RT) setempat yakni Ainan mengatakan, kondisi darurat DBD sudah terjadi kepada cucunya inisial (AA) 7 tahun sampai tidak terselamatkan. Pihak warga pun sudah melaporkan untuk adanya penyemprotan alat foging, namun apalah daya samapi saat ini tidak ada respons.

“Ya saya bawa ke puskesmas pada jam 11 malam mengalami gejala DBD parah, hanya diberikan obat kapsul yang dimasukkan melalui dubur sebelumnya. Akhirnya dirujuk ke RSUD Cabangbungin, sayangnya setelah kondisi semakin memburuk AA meninggal dunia,”beber Ainan kepada wartawan.

Terpisah Kepala Desa Pantaibahagia Maman saat di konfirmasi awak media mengungkapkan,”Benar bang sudah ada 10 anak yang terkena DBD di kampung tersebut, menyoroti perlunya respons yang lebih cepat dan efektif dari pihak puskesmas dalam menangani keadaan darurat kesehatan ini,”ungkap Maman.

Pemerintah Daerah untuk diminta segera memperbaiki dan memastikan ketersediaan alat foging yang berfungsi dengan baik di Puskesmas Muaragembong serta memperkuat stok obat-obatan yang diperlukan untuk mengobati DBD. Pendidikan kesehatan masyarakat juga harus ditingkatkan untuk memastikan pemahaman yang lebih baik tentang cara pencegahan dan tanda-tanda awal DBD.

Awak media pun akan terus mengikuti perkembangan situasi ini dan memberikan informasi lebih lanjut sebagaimana informasi tersedia. (Sr/Nr)