Kantor BPN Pati Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila, Dengan memangkat Tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045.

Share artikel ini

Pati Jawa Tengah

Kantor Pertanahan Kabupaten Pati menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila pada Sabtu (01/06/2024), di Halaman Kantor Pertanahan Kabupaten Pati.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045″. Tema tersebut bermakna bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Upacara diikuti oleh seluruh pegawai di Lingkungan Kantor Pertanahan Kabupaten Pati dan mahasiswa magang.

Bertindak sebagai inspektur upacara dalam peringatan hari bersejarah ini, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Pati, Jaka Pramono.

Pada kesempatan ini, Jaka Pramono menyampaikan pidato dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia yakni Yudian Wahyudi. Dalam pidatonya Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia.

“Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia.” Terang isi pidatonya

Selain itu, dalam isi pidatonya, Ia juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa. “Mari seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalu peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni.” Pungkas dan jelasnya.

Sumber Humas Kantor BPN Pati