Karya Ukir Tunggul Bambu Bagaikan Mutiara Yang Terpendam Butuh Perhatian Pemerintah Daerah Dan Pusat

Share artikel ini

Karya Ukir Tunggul Bambu Bagaikan Mutiara Yang Terpendam Butuh Perhatian Pemerintah Daerah Dan Pusat

Bandung||Jabar||DetikNews86.Com-
Ketua DPD LSM PRABHU INDONESIA JAYA. KBB, Mulyono, didampingi Dewan Pembina DPP Cucun Suntara, mengunjungi Rumah Mentari, tempat pengrajin ukiran tunggul Bambu di Kampung Cimanglid Rt 01/016. Desa Cengkorah,Kecamatan BatuJajar, di Sambut langsung oleh Mentari,
Sabtu (22/01/2022)

Guna membangun Citra baru sebagai Daerah pusat kerajinan Masyarakat, serta salah satu Daerah di Jawa Barat dengan alam yang tidak kalah dibandingkan dengan Daerah lain. Melalui Bambu, Desa Cangkorah Kecamatan BatuJajar Kabupaten Bandung Barat. mulai dikenal sebagai kerajinan tunggul Bambu unggulan, diharapkan mampu menembus pasar Ekspor ke luar Negeri.

“Mentari membuka usaha kerajinan Ukir sendiri di bidang ukir Bambu yakni seni kerajinan ukiran dengan bahan tunggul Bambu,

Saat mau membuka usaha sendiri ia terkendala modal. Untuk membuat ukiran bambu membutuhkan peralatan dan sebagainya. Karena terkendala modal, untuk peralatannya seperti pahat dan yang lainnya spesial untuk itu ia buat sendiri.
Produk seni ukir Bambu dan lainnya yang semua terbuat dari bambu. Dari situ kemudian merambah ke ukiran berbagai obyek seperti hingga fatung dan lainnya.Dalam perkembangannya, banyak yang tertarik minta dibuatkan ukir dengan patung, karyanya lainnya diminati masyarakat luas,harapannya bisa merambah sampai kemanca negara.

“Namun harapan saya bisa nembus pasar luar Negeri ukiran Sebab tunggul Bambu dibandingkan yang lainnya, Ungkapan Mentari saat ditemui Ketua DPD LSM PRABHU INDONESIA dan Dewan pembina DPP di Rumahnya Kampung Cimanglid RT. 01.Rw 16.Desa Cengkorah kecamatan Batujajar kabupaten Bandung Barat.

Perkembangannya ukiran Bambu bukan hanya untuk dipajang di dinding atau di meja, untuk hiyasan di ruang tamu dan lainnya.

“Untuk penampilan bisa dipasang di depan Rumah , kini banyak yang beralih ke seni ukir bambu,” ujar Cucun Dewan Pembina DPP.

Ketika ditanyakan berapa harga satu ukir Bambu Mentari menuturkan tergantung ukuran dan tingkat kerumitan obyek.
Untuk satu Ukiran bambu dikerjakan antara 1-2 Bulan Namun karena banyaknya pesanan, maka pemesan harus bersabar hingga Bulanan

Bahan pilihan.
Bahan seni ukir bambu ia secara teliti memilih jenis tunggul Bambu yang baik dari jenis, pengambilannya Karena jika penebangannya salah bisa membuat bambu cepat keropos. Bambu terlebih dulu dikeringkan baru dipakai.

Ukiran bambu adalah pekerjaan seni yang membutuhkan ketelitian dan punya cita rasa seni bagi pengrajinnya.

Tidak semua Orang lukun menekuni bidang ini. Maka tak mengherankan jika ia mengalami kesulitan Padahal jika ditekuni dengan baik, pengrajin ukir bambu ini memiliki prospek ekonomi yang sangat bagus.

“Untuk memenuhi pesanan saya dibantu saudara ujar Mentari yang kesehariannya hanya mengkukir

Sebenarnya prospek pengrajin seni ukir bambu cukup bagus. Namun terkendala oleh minimnya minat masyarakat menekuni seni kerajinan ini. Oleh karena itu ia berharap kepada pemerintah untuk memfasilitasi dan mengajak masyarakat khususnya anak muda untuk terjun ke dunia seni kerajinan seperti ini.

“Kami siap mengajarkan nya kepada para pemuda dan siap menampung dan mengantarkan mereka agar bisa menjadi insan yang mandiri dengan membuka usaha di bidang kerajinan ini, ucap Mentari yang semula memilih usaha sendiri.

Itulah sosok Mentari dengan home industrinya ini. Ia menerima berbagai pesanan kerajinan ukir dari bahan bambu dengan motif sesuai dengan pesanan. bernuansa motif bambu dan berbagai bambu dan lainnya. Mentari adalah Putra Bandung Barat yang namanya mulai dikenal di seluruh kabupaten Bandung Barat. (NR)