Kegiatan Kerja Bakti Upaya Jaga Lingkungan Desa Tetap Hidup Sehat Dan Bebas DBD

oleh
oleh
Share artikel ini

 

Foto : Kegiatan Bersih-bersih Yang dilakukan Pemerintah Desa Napo Daya Kecamatan Omben Bersama Masyarakat Bangkit Desa Dengan Ciptakan Lingkungan Yang Sehat . Jumat 26/04/2024.

 

 

Sampang, || detikNews86.com – Kebersihan adalah salah satu bentuk kegiatan dorongan positif bagi semua elemen demi kenyamanan dan salah satu kemajuan cipta lingkungan hidup sehat dan bebas dari penyakit, terlebih pada musim hujan yang cenderung dengan adanya jentik nyamuk yang bisa menyebabkan DBD dan resiko penularan lebih cepat melalui nyamuk yang terjadi didaerah tropis dan sub tropis.

Kegiatan Kerja bakti gotong royong membersihkan lingkungan sekitar mulai jalan poros desa, rumput sekitar jalan dan lingkungan , kegiatan ini dilakukan Pemerintah Desa Napo Daya Kecamatan Omben Kabupaten Sampang bersama masyarakat dalam menciptakan lingkungan sehat, bebas dari kotoran, sampah dan rumput liar nan rimbun.

Dengan adanya giat lingkungan sehat, kegiatan ini juga sebagai antisipasi penanggulangan penyebaran penyakit dan Demam Berdarah , baik masyarakat setempat, terlebih bagi anak-anak. Bukan itu saja kebersihan ini juga berpengaruh terhadap kenyamanan desa, keindahan dan keasrian lingkungan sekitar.

Bersama pemerintah Desa Napo Daya ,Masyarakat beserta Bidan Desa, dan Danramil Kecamatan Omben yang ikut hadiri kegiatan bersih-bersih , mulai dari sekitar area jalan poros desa,  rumput di pinggir yang mulai berpanjangan , dan bersihkan selokan yang tersumbat akibat sampah plastik dan daun kering. Dengan menggunakan mesin pemotong rumput, arit dan peralatan kebersihan  lainnya. Jumat, 26/04/2024.

Antisipasi penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD) ini dilakukan secara bersama dengan kesadaran masyarakat demi menjaga kenyamanan desa, tentu saja seperti yang di sampaikan oleh Pj Napo Daya Yakun, biar ciptakan lingkungan sehat dan jauhkan dari penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

” Supaya hidup bersih , sehat bebas dari penyakit yang sebabkan oleh jentik nyamuk, bisa menyebabkan terjadinya DBD, jadi itulah harapan saya kepada semua masyarakat dalam giat kegiatan gotong royong ini dengan cipta lingkungan sehat , ” Kata Yakun Pj Napo Daya. Jumat 26/04/2024.

Tak cukup hanya itu, Pj Kades ini memberikan himbauan kepada seluruh warganya untuk selalu menguras bak kandi dan kamar mandi di rumah masing-masing guna antisipasi penularan DBD melalui jentik nyamuk yang berkubang dalam air.

” Jangan lupa untuk selalu cintailah lingkungan sehat, mengubur sampah atau dibakar, menguras bak mandi dan kamar mandi, dimana disitu tempat ternyaman para nyamuk menggenangi permukaan yang berair bahkan ditempat itu nyamuk pun bisa berkembang biak,” tambah Yakun.

 

 

Robby