Kental Aroma Politik, PTSL Jadi Program Terselubung Paslon Pilkada Sampang

Share artikel ini

 

Sampang, || detikNews86.com – Ada-ada saja kelakuan oknum yang tidak bertanggung jawab demi melancarkan rencananya meski hal demikian telah dirugikan oleh beberapa masyarakat dan sampai saat ini masih menimbulkan keresahan bagi warga setempat.

 

Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Desa Gulbung, Kecamatan Pangarengan, Kabupaten Sampang, diduga disalahgunakan oleh oknum tertentu untuk memenangkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 1 Pasangan (Mandat). Tanpa adanya dasar dan kejelasan serta transparansi, program ini menjadi sarana kampanye politik dalam ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sampang dan menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat setempat.

 

Pernyataan jelas yang telah disampaikan oleh warga setempat, Salah satu warga inisial (MS) menyampaikan kepada tim media bahwa mantan Kepala Desa inisial (AW) yang terlibat dalam pembukaan leter C di rumahnya, anehnya onkum tersebut meminta atau mengarahkan warganya untuk memilih paslon nomor urut 1. Jika instruksi tersebut tidak diikuti, warga khawatir sertifikat tanah mereka melalui program PTSL akan dibekukan.

 

“Iya mas, orang yang membuka leter C atau yang mendaftarkan PTSL diminta atau diarahkan untuk memilih paslon nomor urut satu (1). Jika tidak mengikuti instruksi oknum tersebut, maka sertifikat tanahnya akan dibekukan,” kata MS tersebut saat dimintai keterangan mengenai Program PTSL.

 

Kabar ini semakin menyulut keresahan di tengah masyarakat Desa Gulbung. Dimana peserta program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) merasa tertekan karena dimanfaatkan dalam proses politik, hal ini membuat beberapa masyarakat merasa resah , yang seharusnya Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada ) harus bersikap netral.

 

Menanggapi situasi yang tidak baik, Banyak masyarakat berharap agar ada tindakan tegas dari pihak berwenang untuk menyelidiki dugaan penyalahgunaan program pemerintah ini demi kepentingan politik yang saat ini lagi memanasnya dikabupaten sampang.

 

Semakin penasaran atas arahan Oknum Pj Kades yang meminta untuk warganya memilih paslon 01 dalam Pilkada Sampang, hingga beberapa media mencoba untuk konfirmasi kepada Pj Kepala Desa (Kades) Gulbung atas tuduhan ini, namun hasil jawaban tersebut alih-alih justru tidak terpenuhi melainkan mengarah pada substansi lain.

 

Pj Kades memberikan tanggapan yang seolah-olah mengalihkan isu, dengan berkata, “Sampean mas madon ya? Mantan Kades Gulbung yang mana? Ya paham mas… tapi kan harus jelas nama dan dari mana? Warga Gulbung banyak mas, masa saya suruh nebak-nebak nama pean,” jawab Pj Kades Gulbung Selasa 22 Oktober 2024 kepada media tersebut melalui WhatsAppnya.

 

Masih belum ada tanggapan yang jelas terkait tuduhan tersebut , Hingga berita ini pun dimuat dalam box redaksi meski upaya pun telah dilakukan untuk menguatkan informasi atas tuduhan tersebut.

 

Bersambung…

(Tim/R)