Krisis Air Bersih, warga Sukadamai terpaksa bergelut dengan air mirip comberan 

Krisis Air Bersih, warga Sukadamai terpaksa bergelut dengan air mirip comberan 

Share artikel ini

DETIKNEWS86.COM, SINGKIL 

Jaringan Pipa milik PDAM Tirta Singkil yang telah lama tertanam di Desa Suka Damai, dan Desa Pemuka, sejak pertama dibangun hingga sekarang belum mengalirkan air.

“Kami sangat mengeluh dan kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari -sehari seperti memasak, mencuci dan lain – lain. Karena selama ini kami menggunakan air pompa daf itupun airnya keruh berwarna hitam kecoklatan lengket dan berbau dan sangat tidak higienis untuk mencuci pakaian apalagi untuk dikomsumsi untuk air minum,”kata Mijah IRT warga Desa Sukadamai, Rabu (10/5/2023).

“Kami berharap kepada Bapak Pj. Bupati Aceh Singkil atau melalui instansi terkait agar segera mengalirkan air bersih di desa kami supaya kami bisa menikmati sarana air bersih, sebab Air adalah kebutuhan orang banyak,” Ucap Mijah.

Terpisah Tokoh Pemuda Kampong Suka Damai Irfandi Syahputra, mengatakan bahwa, “kami belum bisa menikmati sarana air bersih yang dikelola oleh instansi PDAM Tirta Singkil milik Pemda tersebut,” Kata Irfandi.

“Memang ada sumur bor didesa ini, akan tetapi tidak memadai untuk dipergunakan oleh semua masyarakat desa, kapasitasnya terbatas itupun kondisi airnya juga tidak layak untuk dikomsumsi airnya bercampur antara air asin dan tawar,” Tutup nya.

[JMR]