Lsm Penjara Siak Silahturahmi Dengan Camat Tualang. Himbau Masyarakat Tidak Memperjuabelikan Lahan Konsesi

Share artikel ini

SIAK.|| Detiknews86.com – Ketua DPC LSM PENJARA Kabupaten Siak Optonica Zega bersama jajaran silahturahmi dengan Camat Tualang Mursal pada Rabu. 29 Mei 2024. Dalam pertemuan yang telah diagendakan itu jajaran pengurus DPC LSM PENJARA SIAK membahas terkait hal keluhan warga yang memilikiki atau mengelolah milik tanah di seputar wilayah Pinang Sebatang Barat dan begitu juga dengan Pinang Sebatang Timur yang berdekatan dengan kawasan konsesi Hutan Tanaman Industri.

Beberapa warga sebelumnya menyampaikan jika sebagian lahan mereka telah diterbitkan SKGR oleh pemerintahan Desa. Namun karna keperluan pinjaman ke Bank setidaknya surat SKGR harus diketahui Camat ditingkat kecamatan. Dari beberapa keluhan warga itu ditindaklanjuti jajaran pengurus DPC LSM PENJARA SIAK untuk berkordinasi dengan pemerintahan Desa dan Kecamatan, dengan hasil kordinasi dengan camat Tualang Mursal, Sbb :

1. Tanah warga yang mau mengajukan SKGR, harusnya mengetahui dulu status tanahnya jika tidak masuk dalam kawasan Konsesi Rara Abadi, dengan berkordinasi kepada team Desa untuk melakukan pengecekan titik kordinat bersama pihak Rara Abadi.
2. Jika titik kordinat nya tidak masuk dalam kawasan konsesi maka pihak kecamatan bisa melakukan registrasi surat SKGR yang diajukan.
3. Camat Tualang Mursal telah mengintruksikan team Desa agar lebih teliti dan tetap membantu masyarakat untuk mengetahui hal ini, agar tidak terjadi hal yang bisa merugikan masyarakat nantinya.
4. Camat Mursal juga menyampaikan jika lahan yang telah bebas dari kawasan konsesi diperkirakan kurang lebih 200 Ha sesuai hasil kesepakatan dengan pihak perusahaan dan telah ditetapkan kawasanya,
5. Mursal menghimbau agar masyarakat jangan tergiur dengan harga tanah/lahan yang harganya murah dengan iming-iming jual beli tanah yang nanti nya akan menjadi masalah bagi si pembeli.
6. DPC LSM PENJARA SIAK juga mendukung hal ini, agar masyarakat juga lebih berhati-hati dalam hal membeli, menjual dan mengelolah lahan yang dimiliki.

Dalam pertemuan itu, pihak LSM PENJARA Siak yang diwakili oleh Ketua Optonica Zega dan pengurus lainya Yustinus dan Agusman Zega, berharap kiranya kiranya Silahturahmi ini tetap terjalin dengan pemerintahan dalam memberikan solusi setiap keluhan-keluhan warga yang ditemukan dilapangan. ” Kita dari LSM PENJARA siap menerima dan mendengar keluhan-keluhan masyarakat untuk bisa mejembatangain dan menyampaikan kepada pemerintah untuk selelu berkorban dan mencari solusi. Ujar Optonica. ( Red )