Miskin Extrim dan Persoalan Infrastruktur di Brebes, Sejumlah Aktivis Ampera Menggelar Aksi Unjuk Rasa

Share artikel ini

Brebes,//DetikNews86.com | Banyaknya jalan yang rusak parah dan tidak seriusnya Pemda dalam menanganinya, sejumlah aktivis yang mengatas namakan Aliansi Masyarakat Peduli Realisasi Anggaran (AMPERA), bergerak menggelar aksi unjuk rasa damai di halaman Kantor Pemerintahan Terpadu (KPT) Kabupaten Brebes, Rabu (1/3/2023).

Kordinator aksi unjuk rasa damai Handayani Rien dengan tegas menyampaikan tuntutan “AMPERA” mendesak Pj. Bupati Brebes selaku Kepala Daerah, selaku pemegang kekuasaan pengelolaan keuangan daerah menggunakan wewenangnya sesuai pasal 4 ayat 2 huruf e. Peraturan Pemerintah No.12 Tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah untuk mengambil tindakan tertentu dalam keadaan mendesak terkait pengelolaan keuangan daerah yang sangat dibutuhkan oleh daerah dan masyarakat.

Mendesak Pejabat Bupati Brebes untuk mengeluarkan instruksi Bupati kepada seluruh kepala SKPD/OPD untuk membatalkan pelaksanaan seluruh program, kegiatan atau sub kegiatan yg sudah tercantum DPA APBD tahun 2023 yang melanggar azas keadilan dan kepatutan tidak berpihak kepada masyarakat.

Dan mendesak Pejabat Bupati Brebes segera memerintahkan kepada TAPD Kabupaten Brebes, agar merelokasi anggaran biaya operasi yg bersifat pemborosan serta bukanĀ  prioritas yang menyangkut pelayanan dasar publik/kepentingan masyarakat untuk dialokasikan pada belanja modal infrastruktur khususnya untuk perbaikan jalan rusak yang menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten.

Mendesak Pejabat Bupati Brebes segera membentuk satuan tugas infrastruktur Kabupaten Brebes untuk menetapkan solusi dan strategi serta melaksanakan perbaikan Infrastruktur khususnya seluruh ruas jalan di wilayah Kabupaten Brebes.

Mendesak Pejabat Bupati Brebes untuk mengeluarkan Peraturan Bupati yang melarang dan mencegah seluruh praktekĀ  praktek ilegal dalam pengelolaan anggaran khususnya intervensi teknis yang melanggar tugas pokok dan fungsi serta kewenangan DPRD Kabupaten Brebes dalam pelaksanaan APBD,” pungkas Handayani Rien, selaku koordinator lapangan unjuk rasa.

Ir. Djoko Gunawan, MT. MM selaku Sekretaris Daerah (Sekda) Brebes mengatakan, bahwa ia dan kawan-kawan di Pemda Brebes menyambut baik atas aksi unjuk rasa ini, dan akan menindaklanjuti beberapa aspirasi dari kawan-kawan yang tergabung dalam aksi ini.

“Yang pertama, kami beserta jajaran SKPD dan OPD akan melakukan rapat mendadak dengan Pj Bupati Brebes, dan dalam waktu dekat kami akan segera mengajukan proposal pengajuan lelang untuk memenuhi tuntutan masyarakat, yaitu membahas tentang pembangunan infrastruktur jalan Pemda Brebes yang kondisinya sudah memperhatikan,” tandasnya.

“Yang kedua, selain masalah infrastruktur kami juga akan mengajukan proposal ke kementerian PU dan BWWS pusat dan Provinsi Jawa Tengah, dan proposal tersebut akan di bawa langsung oleh bapak Pj. Bupati Brebes, Urip Sihabudin, SH. MH,” jelasnya.

Lanjut Ir. Djoko Gunawan, MT. MM. Selain persoalan infrastruktur, kami Pemda Brebes juga sedang melakukan rapat koordinasi untuk membahas menyelesaikan permasalahan miskin extrim. (DS)