MTsN 1 Pati Terima Sertifikat Sekolah Adiwiyata Tahun 2021

MTsN 1 Pati Terima Sertifikat Sekolah Adiwiyata Tahun 2021

Share artikel ini

Pati Jateng.||detiknews86.ComSetelah ditetapkan sebagai Madrasah Riset dan Madrasah Unggulan Akademik Nasional, MTsN 1 Pati kembali mendapatkan prestasi sebagai Sekolah Adiwiyata Kabupaten Pati Tahun 2021.

Piagam penghargaannya diserahkan langsung oleh Bupati Pati, Haryanto, bersama dengan sebelas sekolah lainnya di Pendopo Kabupaten, Jumat, 18/2/2022 dengan  mematuhi protokol kesehatan ketat. Kesebelas sekolah tersebut, antara lain SMPN Tayu, SMPN 2 Gunungwungkal, SD Rajawali Juwana, SDIT Yaumi Fatimah Pati, SMPN 4 Juwana, SDN Pakem 01 Kecamatan Sukolilo, SDN Tajungsari 02 Kecamatan Tlogowungu, SDN Tlogowungu 01 Kecamatan Tlogowungu, SMP Kanisius Juwana, SMPN 1 Gabus, dan SMPN 3 Juwana Kec Juwana.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pati, M. Tulus Budiharjo, dalam laporannya menyampaikan bahwa sampai dengan tahun 2021, di Kabupaten Pati terdapat 177 sekolah adiwiyata tingkat kabupaten, provinsi, nasional, dan sekolah adiwiyata mandiri. “Sampai dengan tahun 2021, di Kabupaten Pati sudah terdapat 177 sekolah adiwiyata, baik sekolah adiwiyata kabupaten, sekolah adiwiyata provinsi, maupun sekolah adiwiyata nasional, dan sekolah adiwiyata mandiri,” jelasnya.

Saat ditemui usai acara, Haryanto, Bupati Pati, memberikan ucapan selamat kepada MTsN 1 Pati atas penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Kabupaten Pati Tahun 2021. “Saya mengucapkan selamat kepada Bapak Kepala MTsN 1 Pati yang telah mendapatkan Adiwiyata Kabupaten,” ujarnya. Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa pendidikan tidak selalu berkaitan dengan pendidikan anak-anak saja, tetapi juga  mencintai lingkungan hidup maupun budaya. “Pendidikan ini tidak melulu hanya pada pendidikan anak-anak, tapi kita harus juga mencintai lingkungan hidup maupun budaya yang ada. Sehingga kalau lingkungannya asri, kemudian tertata dengan baik, berbudaya baik, sudah barang tentu pendidikan akan lebih nyaman. Dan ini bukan untuk diri kita pribadi, tetapi untuk generasi-generasi yang akan datang,” imbuh Haryanto.

Haryanto menyebutkan, Pemerintah Daerah melalui Dinas Lingkungan Hidup setiap tahun menyelenggarakan lomba adiwiyata dengan tujuan untuk memberikan motivasi kepada kalangan pendidik. “Oleh karena itu, pada hari ini tidak semuanya mendapat, tetapi MTs mau berpartisipasi dan sekaligus mendapatkan juara. Kami memberikan apresiasi yang luar biasa.  Selamat ya kepada MTsN 1 Pati,” pungkasnya.

Sejalan dengan Haryanto, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati, Ali Arifin, juga mengucapkan selamat kepada MTsN 1 Pati. “Saya ucapkan selamat kepada Bapak Kepala MTsN 1 Pati, beserta teman-teman jajarannya, dewan guru yang terlibat keluarga besar MTsN 1 Pati yang telah meraih berbagai macam prestasi dan disusul oleh penghargaan Adiwiyata,” ucapnya. Ia juga mengungkapkan jika penghargaan yang diterima MTsN 1 Pati merupakan prestasi yang cukup membanggakan, khususnya di internal MTsN 1 Pati, umumnya di keluarga besar Kemenag Kabupaten Pati, sekaligus membawa nama baik di tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional. “Apa yang _panjenengan_ lakukan ini menjadi amal sholih dan akan membawa manfaat bagi siswa-siswi MTsN 1 Pati. Secara makro akan membawa dampak di lingkungan madrasah yang ada di Kabupaten Pati,” pesan Arifin.

Sementara itu, Ali Musyafak, Kepala MTsN 1 Pati, mengungkapkan rasa syukur atas penghargaan Adiwiyata yang telah diperoleh. Syafak juga menyatakan bahwa MTsN 1 Pati merupakan satu-satunya madrasah yang memperoleh penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Kabupaten Pati Tahun 2021. “Alhamdulillah, sangat bersyukur karena MTsN 1 Pati satu-satunya madrasah yang memperoleh penghargaan sebagai madrasah/sekolah adiwiyata. Ini merupakan rahmat Allah dan hasil usaha keras seluruh warga madrasah. Untuk itu, kami ucapkan terima kasih kepada tim penggerak dan para pejuang madrasah yang telah bekerja secara cerdas, keras, dan ikhlas,” tuturnya.

Tak lupa, Syafak juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Bupati Pati, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Pati, dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pati ata ujarnya,

(Yanti)