Musisi Nasional hadir di Festival Pesona Barat Selatan Siap Digelar

Musisi Nasional hadir di Festival Pesona Barat Selatan Siap Digelar

Share artikel ini

DetikNews86.com–Tapak Tuan | Festival Pesona Barat Selatan 2022 akan segera digelar akhir pekan ini, 28-31 Agustus 2022 di Lapangan Naga, Tapak Tuan, Aceh Selatan.

Event ini diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, untuk memperkenalkan seni budaya dari Pesisir Barat Selatan Aceh.

Dalam ajang ini, pihak penyelenggara akan menampilkan musisi nasional, yaitu Wahyu Selow dan Rury Republik. Bahkan sejumlah artis lokal Aceh, seperti penyanyi yang lagi digemari publik, Safira Amalia hingga Rial Doni juga akan memeriahkan panggung utama.

Nanti kegiatan diawali dengan persembahan tarian massal oleh para pelajar di Aceh Selatan. Kemudian juga ada fun walk yang melibatkan ribuan warga setempat.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Almuniza Kamal, Selasa (23/8/2022) dalam keteranganya mengatakan, kegiatan ini dilaksananakan untuk memperkenalkan budaya dan sumber daya alam yang dimiliki barat selatan Aceh ke daerah luar.

“Aceh merupakan provinsi yang unik, karena memiliki keanekaragaman budaya. Menurut Almuniza, antara satu daerah dengan daerah lain di Aceh memiliki adat, budaya dan suku yang berbeda,” katanya.

Oleh karena itu, lanjut Almuniza, pihaknya akan menggelar Festival Pesona Barat Selatan 2022, guna mempromosikan keindahan dan keunikan budaya di pesisir Aceh ini.

Lewat ajang itu, semua budaya yang sangat beragam itu dipadu dan dipromosikan kepada masyarakat luas.

Melalui Festival ini, Almuniza Kamal juga mengajak semua pihak untuk terus melestarikan adat, budaya, alam, dan lingkungan di kawasan pesisir Aceh ini.

Namun, tujuan akhir dari promosi wisata ini, mengharapkan akan bangkitnya dunia wisata dan kreatif di barat selatan Aceh. Serta mendorong pariwisata mampu berperan dalam menurunkan angka kemiskinan di Aceh.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Aceh, Teuku Hendra Faisal mengatakan, lewat kegiatan itu, pihaknya memberi kesempatan kepada pelaku seni maupun warga Barat Selatan Aceh untuk terus mengembangkan tradisi budayanya.

Katanya, Disbudpar Aceh juga ingin mengajak stakeholder bidang pariwisata di barat selatan Aceh untuk bangkit dan berkarya kembali pasca pandemi Covid-19.

Lewat kegiatan itu, diharapkan pesisir Barat Selatan Aceh menjadi cagar alam dan budaya yang patut selalu dikunjungi oleh wisatawan.

“Kegiatan ini juga untuk memberikan edukasi secara maksimal mengenai pemasaran world of mouth dan digital marketing tentang keindahan alam dan budaya barat selatan Aceh,” ujar T Hendra.

Katanya, Festival Pesona Barat Selatan yang akan menampilkan ragam budaya, harus mampu membawa generasi muda maupun masyarakat secara umum, supaya sadar wisata dan pengembangan wisata daerahnya.

Pesisir barat selatan Aceh merupakan kawasan dengan suku, bahasa, dan budaya berbeda-beda. Di wilayah ini terdapat suku Aceh, Aneuk Jamee,  Kluet, Haloban (Singkil), hingga Devayan (Simeulue).

Sehingga beragamnya adat dan budaya, menjadi keunikan dan daya tarik tersendiri kawasan barat selatan.

Ditambah lagi, dukungan landscape bentang alam yang indah seperti Rawa Singkil,  Kepulauan Banyak, Aceh Selatan, Aceh Jaya hingga pulau Simeulue, menjadikan pantai barat selatan Aceh sebagai tujuan wisata terbaik. [KPA]