Musyawarah Perencanaan Kerja  Pembangunan Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara Tahun 2024.

Musyawarah Perencanaan Kerja Pembangunan Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara Tahun 2024.

Share artikel ini

Nias Utara,Detiknews86.com.Sumut

Pemerintah Kabupaten Nias Utara melaksanakan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara tahun 2024, dengan Tema “Percepatan Peningkatan Pembangunan Sumber Daya Manusia dan Penanggulangan Kemiskinan melalui Penguatan Ekonomi Masyarakat yang inovatif” yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Nias Utara Yusman zega A.Pi, M.Si di Aula Tafaeri Kantor Bupati Nias Utara (kamis, 16/03/2023).


Dalam laporan Sekretaris Bappeda Kab. Nias Utara menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan Musrenbang RKPD Kab. Nias Utara Tahun 2024 untuk mengidentifikasi permasalahan pembangunan daerah, menyepakati prioritas pembangunan daerah, dan untuk menyelaraskan program kegiatan dan sub kegiatan pembangunan daerah Kab. Nias Utara dengan prioritas dan sasaran Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi.

Pada kesempatan itu, mewakili Forkopimda disampaikan Pabung Kodim 0213/Nias Mayor Inf. Yustinus Waruwu SH dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kab. Nias Utara tahun 2024 merupakan kegiatan penting dalam merencanakan pembangunan kab. Nias Utara untuk menunjang kesejahteraan masyarakat melalui perencanaan-perencanaan yang matang.


Sementara itu mewakili Gubernur Sumatera Utara diwakili Kadis Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Ir. Alfi Syahriza, ST,M.Eng.Sc dalam sambutannya menyampaikan bahwa perencanaan Tahun 2024 merupakan hal yang krusial, dimana Bupati dan Wakil Bupati akan menyelesaikan kepemimpinannya pada Tahun 2024.

Ir. Alfi Syahriza, ST,M.Eng.Sc juga menekankan kepada seluruh stakeholder untuk mempertahankan target-target yang terdapat dalam dokumen perencanaan yang lebih tinggi tingkatnya, seperti RPJMN, RPD Provinsi, RPJMD Kabupaten serta harus memperhatikan hasil evaluasi RKPD Tahun 2022, untuk melihat seberapa capaian pembangunan pada tahun 2022 yang telah tercapai, serta mempertimbangkan program-program strategis baik ditingkat Nasional dan Provinsi maupun Kabupaten dan kondisi riil di daerah, mulai dari permasalahan hingga isu-isu strategis ke depan.

Wakil Bupati Nias dalam arahannya menyampaikan bahwa Musrenbang RKPD Kab. Nias Utara Tahun 2024 merupakan kesempatan yang sangat baik untuk bersama-sama melakukan sinkronisasi dan sinergitas rancangan RKPD Kab. Nias Utara Tahun 2024, melalui perencanaan dengan pendekatan partisipatif yang dilaksanakan dengan melibatkan semua pemangku kepentingan.

Wakil Bupati Nias Utara juga menghimbau kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah agar benar-benar memperhatikan isu strategis, arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan serta tema pembangunan Tahun 2024 yang telah ditetapkan sebelumnya, serta mengapresiasi segala dukungan yang telah dilaksanakan maupun yang akan diberikan oleh Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional/ BPN Republik Indonesia dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara di Kab. Nias Utara, dan berharap semoga pelaksanaan kegiatan Musrenbang RKPD Kab. Nias Utara Tahun 2024 dapat memberikan manfaat yang baik bagi kemajuan Kab. Nias Utara.

Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kab. Nias Utara tahun 2024 juga melaksanakan diskusi tentang Sinkronisasi pembangunan Nasional dengan Daerah, arah kebijakan dan prioritas pembangunan daerah Provinsi Sumatera Utara tahun 2024, serta pengembangan potensi perikanan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Hadir pada kegiatan tersebut, Direktur Regional I Kementrian PPN/Bappenas Abdul Malik Sadat Idris, ST,M.Eng, Kejaksaan Negeri Gunungsitoli, Pabung Kodim 0213/Nias, Kabagren Polres Nias, Bappedalitbang Provsu, Sekda kab. Nias Utara, Staf Ahli, Asisten, kepala Perangkat Daerah, Kabag Lingkup Setda, Camat se-Kab. Nias Utara, Tokoh Masyarakat, BUMN/BUMD, BPS Nias dan tamu undangan lainnya.
S.H. Telaumbanua.