Pagurawan Krisis Air Bersih. Warga Tunggu Janji Dirut PDAM Batu Bara.

oleh
oleh
Share artikel ini

BATU BARA | Detiknews86.com – Saat ini warga Kelurahan Panglalan Dodek Pagurawan Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara Sumatera Utara, mengalami krisis air bersih, penyebab dari krisis ini diakibatkan pompa air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) mengalami kerusakan. Jum’at (09/08/2024).

Minimnya sumber air bersih di sekitaran pagurawan membuat warga kucar kacir mencari sumur bor untuk mendapatkan air bersih buat kebutuhan sehari-hari.

Seperti yang terlihat warga kelurahan pangkalan dodek mendapatkan air bersih di penampungan tempat pelelangan ikan (TPI) pagurawan dengan kendaraan becak.

Dengan membawa blong dan jerigen warga silih berganti dan antrian untuk mendapatkan air.

Untuk jarak yang ditempuh terbilang lumayan jauh, dengan kondisi jalan yang tidak begitu mulus sangat beresiko bagi warga.

Ar ” seorang pedagang rumah makan menuturkan dia terpaksa harus memakai jasa angkutan becak dengan membayar upah angkat air bersih.

Tambahnya, jasa per/satu jeregen Rp 5000 (Lima Ribu Rupiah) demi untuk mendapat air sebagai kebutuhan dan usaha rumah makannya, tuturnya.

Warga juga mulai geram Informasi yang di sampaikan Dirut PDAM Tirta Tanjung ternyata meleset dari perkiraan, dimana kabar dari beliau mengatakan Sabtu besok tanggal 10 Agustus 2024 semua kerusakan pada pompa akan rampung dikerjakan, dan air akan beraktivitas seperti biasaya.

Namun sampai saat ini belum ada kabar kelanjutanya, ungkap warga dengan nada geram.

Sisi lain, Safaruddin warga Pagurawan juga menunggu etika baik Dirut PDAM mengatakn kerusak yang terjadi di Unit Cabang PDAM besok sudah rampung dikerjakan kerusakan Pompa, cetus Safaruddin yang disapa akrab udin.

Penulis : Staf07