Panwascam lantik 23 PKD Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam 

Share artikel ini

DetikNews86.com-Subulussalam | Sebanyak 23 orang Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) Se-kecamatan Rundeng dari telah dilantik dan siap mensukseskan pengawasan tahapan Pemilihan tahun 2024.

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah serta Pembekalan orientasi dipimpin langsung oleh Ketua Panwaslu Kecamatan Rundeng Mansur, Minggu (5/2/20224)

Camat Rundeng Safran Kombih, SE mengapresiasi Panwascam Rundeng yang telah merekrut dan melantik PKD. Eksistensi PKD merupakan ujung tombak pengawasan dalam setiap tahapan Pilkada ditingkat kelurahan.

“Selamat kepada Panwascam yang telah melantik PKD, dan sukses bagi PKD terpilih yang telah diambil sumpah, jadilah pengawas sejati yang memiliki integritas dan profesionalitas, peranan saudara sangat urgen sebagai ujung tombak pengawasan ditingkat kelurahan”, pesan Camat Rundeng memberikan Kata Sambutan dalam acara Pelantikan PKD Se-Kecamatan Rundeng.

Mansur ketua berpesan “agar PKD harus semakin memperdalam pemahaman terkait tugas, kewajiban dan kewenangan PKD dalam peraturan perundangan. Terutama dalami Undang-Undang Yang berlaku”

Lanjutnya,” lakukan kajian terhadap fokus pengawasan dan cegah potensi kerawanan pelanggaran dalam setiap tahapan Pilkada. Bangun sinergitas dengan stakeholder, baik Desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa, tokoh masyarakat maupun pelajar pemilih pemula, serta bangun simpul pengawasan partisipatif dengan masyarakat.”

“Pahami aturan dengan benar, serta membangun hubungan yang baik dengan semua pihak adalah kunci keberhasilan dalam proses pengawasan”, kata Mansur

Dikatakannya, PKD harus komitmen menjaga integritas dan netralitas sebagai penyelenggara Pemilu dalam pengawasan, demi menciptakan Pilkada yang demokratis, jujur, adil dan berkualitas.

Hadir dalam pelantikan sejumlah tamu undangan, Camat, Kapolsek, PPK, Lurah, Bhabinkamtibmas, dll. Usai pelantikan seluruh PKD mengikuti pembekalan orientasi sebagai penguatan kapabilitas SDM pengawas.

[RM]